Makanan Akhir Bulan : Mie DokDok aja yuk!

Siklus hidup anak kos emang ada 3 Sesi Kehidupan dalam sebulannya. Sesi pertama adalah Akhir Bulan. Bulan dimana dompet kering kerontan...


Siklus hidup anak kos emang ada 3 Sesi Kehidupan dalam sebulannya. Sesi pertama adalah Akhir Bulan. Bulan dimana dompet kering kerontang kayak musim kemarau. Biarpun cuaca diluar angin, hujan, badai, dompet dan lidah rasanya kaku. Di sesi ini, para anak kos udah ngirit se-ngirit-ngiritnya. Makan aja apa adanya. Kadang dijamak dan kadang puasa. terus muncul sugesti dalam diri, kalo ntar awal bulan gak bakal belanja macem-macem dan akan hemat. Sesi kedua adalah Awal Bulan. di sesi ini semua anak kos ngerasa masuk surga. Kantong penuh kertas warna warni. Kemana-mana menebar senyum tapi gak berasa duit didompet juga ditebar kemana-mana. Sesi Ketiga, Pertengahan Bulan. Disesi ini para anak kos sudah mulai brutal. Hobby jambak-jambak rambut semakin sering dilakukan dan mendadak jadi religius. Kemudian menyesal, terus nangis.

Kehidupan diatas udah biasa dirasain sama anak kos, termasuk aku.Kalo udah akhir bulan, makan pun udah gak bisa milih. Makan seadanya dan kadang itu itu aja. Biasanya burjo adalah surga di akhir bulan untuk para dompet yang kering. Nah, kemaren sempet makan Mie Dokdok di burjo. Tapi rasanya gak sesuai selera. Kebanyakan air bikin bumbunya gak berasa. Waktu itu iseng googling, eh nemu resep Mie Dokdok ala Mbah Derma . Resepnya bikin penasaran, besoknya aku langsung beli bahan-bahan buat Mie Dokdok. Nih!

Tapi Mie Dokdok buatan aku agak sedikit beda bumbunya, soalnya aku tambahin sedikit Kemiri biar kuahnya agak kental dan berasa. Bumbu lainnya selebihnya sama, yaitu :

1 bungkus Indomie Goreng (rasa biasa aja ya)
Sayuran secukupnya
1 telur ayam 
2 siung bawang putih
Lombok secukupnya
Kecap
Saus Sambal

CARA MEMBUAT:
1. Rebus Indomie, kalau udah kelihatan agak mateng, masukin sayuran. Tiriskan Mie dan Sayuran.
2. Rebus air (lagi). Secukupnya aja ya. Nanti air ini buat kuah si mie 
3. Masukkan bawang putih, lombok, dan kemiri yang udah di haluskan. lalu masukkan bumbu indomie (bumbu ,minyak, saus, kecap) , garam, dan lada
4. Kemudian masukin telor, setelah dimasukkan langsung diaduk-aduk pake sendok ya. Abis itu tambahin kecap sama saus sambal secukupnya. Porsi kecap sama saus sambel 1 : 2
5.Tunggu sampe mendidih, habis itu masukin Mie sama Sayuran yang udah ditirisin tadi, tunggu 1 menit, angkat dan masukin ke mangkok,  
6. Taburkan bawang goreng dari Indomie tadi. 



Gimana? Kepengen gak? hehehe. Bikinnya gampang dan murah kok. Lumayan bikin sendiri, bisa lebih ngirit. Bisa dijadiin makanan alternatif akhir bulan. Mie Dokdok!

You Might Also Like

3 komentar

  1. Hey, bis buat ini, tapi g pake kemiri n saos. Plus saya tambahan cuka dikit, hhe. Ennak, mie goreng jadi mie kuah ya. Hmm, wish I have your whatsapp, biar bisa ngliatin, hhahahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. you can mentioned me on twitter, @heplinclara :)))

      Delete
    2. Or you know, just send your whatsapp here, anakulaan@gmail.com :D

      g punya twitter saya :DDD

      Delete