Mie Lethek, Mie Istimewa Khas Kota Bantul

Hah? Apa tuh Mie Lethek? Mie-nya gak terkenal. Wah wah sabar dulu. Jangan berasumsi negatif dulu nih sama Mie yang satu ini. Biar ku jelasin...

Hah? Apa tuh Mie Lethek? Mie-nya gak terkenal. Wah wah sabar dulu. Jangan berasumsi negatif dulu nih sama Mie yang satu ini. Biar ku jelasin dulu sedikit tentang Mie Lethek, Mie Khas Kota Bantul, Yogyakarta. 


Lethek dalam bahasa Jawa artinya kotor. Mie ini diberi nama lethek bukan karena Mie ini  kotor dan gak enak dimakan. Tapi karena tampilannya yang butek atau keruh. Warna butek atau keruh ini dikarenakan Mie tidak menggunakan pemutih, pewarna ataupun pengawet. Mie ini terbuat dari gaplek atau singkong. Mie ini pun pengerjaannya sangat tradisional, dibuat masih dengan alat tradisional yang menggunakan tenaga sapi untuk memutar alatnya. Proses pembuatan mie lethek yang tradisional membuat pemasarannya pun di pasar tradisional. Biasanya kita bisa beli langsung dipabriknya di Bantul atau bisa cari di Pasar Beringharjo Lantai 2. Mie ini dijual Rp. 12.000,- per kilo (di Pasar Beringharjo).

Mie Lethek sekarang udah jarang banget ditemui. Bahkan di Kota Yogyakarta aja susah banget ditemui. Menurut survey, pembuat Mie Lethek hanya bisa dijumpai di daerah Kota Bantul saja. Nah, karena Indonesia Foodblogger mengadakan challange dengan tema makanan yang terbuat dari Mie. Jadinya aku coba masak Mie khas Kota Bantul yang udah jarang ditemui ini. 

"Mie Lethek"
Resep : Dari hasil survey

Bumbu Halus :
4-5 Siung Bawang Putih
1 Butir Kemiri 
1 Sdt Gula
1 sdt Garam


Bahan :
Mie Lethek
0,15 gr Potongan Sayur Kobis
Sayur Sawi (Secukupnya)
1 Paha Ayam Atas (Disuwir)
Potongan Daun Seledri (Secukupnya)
1 Tangkai Daun Bawang



Persiapan:
1. Rendam Mie. Jangan direbus ya. Nanti malah terlalu lembek. Soalnyakan mau dimasak lagi. Oya, jangan lupa dikasih minyak goreng. Supaya gak lengket dan menggumpal :)
2. Haluskan bumbu halus
3. Rebus Ayam
4. Goreng Bawang Merah
5. Iris daun seledri, timun dan tomat

Steps:
1. Lelehkan mentega, masukkan bumbu halus (yang sudah dihaluskan pastinya ya). Tumis sampai harum, masukkan daun bawang.
2. Jangan sampai gosong ya. Masukkan ayam, kobis, sayur sawi. Tumis sampai layu.
3. Masukkan Mie Lethek. Aduk, kemudian tambahkan kecap manis. Aduk merata
4. Sajikan dengan taburan bawang goreng, daun seledri, timun, tomat dan cabe.





You Might Also Like

1 komentar

  1. Dr singkong ya Mba...pasti enak yaaa...makasi ya Mba...

    ReplyDelete