Cimol

Hai, sudah lama nggak menyentuh blog ini. Sudah lama merindu. Tapi apa daya, tugas kampus menjauhkan dari internet. hiks. Kurang lebih 2 bul...

Hai, sudah lama nggak menyentuh blog ini. Sudah lama merindu. Tapi apa daya, tugas kampus menjauhkan dari internet. hiks. Kurang lebih 2 bulan aku tinggal ditempat terpencil, tepatnya di kaki Gunung Merapi. Minim akses internet apalagi signal. Bisa bayangin kan?

Yaudah mari kita skip cerita KKN yang sudah lalu. Anyway, semenjak resmi menjadi seorang Mahasiswa Tingkat TUA, aku hampir nnggak pernah lagi menginjakkan kaki ke kampus. Banyak waktu sekali waktu senggang. Selo dikit, rasanya pengen banget masak ini itu. Berhubung kemarin tanpa rencana, ngobrak-abrik lemari penyimpanan, eh adanya cuma tepung-tepungan dan bumbu-bumbuan. Jadilah aku kepikiran bikin CIMOL ! Alias Aci di kemol (katanya begitu). Makanan ini berasal dari Jawa Barat, Sunda atuh. Aku sering banget beli Cimol ini di abang-abang gerobak waktu bulan puasa. Tapi, semenjak bulan puasa usai, aku udah gak nemuin lagi Cimol yang enak kayak-langgananku-waktu-bulan-puasa. Hiks.

Berkat kegigihanku untuk merasakan Cimol yang enyak enyak enyak, googling-lah aku resep Cimol. Ini dia resep Cimol yang udah aku obrak-abrik dikit, cikidot...

CIMOL 

Bahan:

  • 200 gr Tepung Kanji (bisa merk Sagu Tani/Rose Brand)
  • 75 gr Tepung Beras
  • 1 sdt Baking Powder
  • 1/2 sdt Garam
  • 1/2 sdt Merica
  • 2 Siung Bawang Putih 
  • Air Panas (secukupnya)

Persiapkan:
- Loyang/wadah besar yang sudah ditaburi Tepung Beras (supaya gak lengket ntar)
- Haluskan Bawang Putih

Cara :

1. Campur Tepung Kanji, Tepung Beras, Baking Powder, Garam, Merica dan Bawang Putih yang sudah dihaluskan.
2. Setelah dicampur dan diaduk, siram Air Panas. (harus pake air panas ya, biar tepung kanji-nya mateng. kalo nggak pake air panas, ntar hasilnya bakal KERAS KAYA BATU) 

3. Siapkan loyang, bentuk adonan bulat-bulat kecil (gak usah gede-gede, ntar-kan cimolnya mengembang waktu digoreng)
4. Goreng sampe agak keemasan, tiriskan, angkat.


Biasanya kalo di abang-abang, Cimol-nya dikasih bumbu kering. Bumbunya cuman bubuk cabe sama garam. Diaduk, dikocok-kocok sampe bumbu campur jadi satu sama Cimolnya. Nom nom nom nom, pedes pedes krenyes!

Camilan murah meriah nih! Selamat mencoba ya! :) 

You Might Also Like

0 komentar