Buah Pear di Pagi Hari

Hari ini, pagi ini, aku bangun lebih awal dari biasanya. Berniat untuk merubah aktivitas menjadi lebih aktif.  Rasanya berat sekali memb...

Hari ini, pagi ini, aku bangun lebih awal dari biasanya. Berniat untuk merubah aktivitas menjadi lebih aktif. 

Rasanya berat sekali membuka mata dan menggerakkan badan. Tepat pukul 07.00 alarm handphone ku berbunyi. Membuyarkan mimpi-mimpi yang ku nikmati semalaman. Bergegas aku mengucurkan air dari dispenser, mengisi penuh air ke dalam gelas. Ya, kebiasaan yang baik harus dibiasakan. Memaksa diri untuk minum segelas air putih sesegera mungkin setelah bangun dari tidur adalah baik untuk kesehatan. Setelah gelas kosong kembali, aku pun berjalan menuju kamar mandi. Jarak antara kamar mandi dan tempat tidurku sangatlah dekat. Hanya sekitar 2 meter (maklum, hanya kos-kosan).

Pagi ini mendung. Aku pun menyandarkan badanku di pinggiran kasur sambil menyantap buah pear yang semalam ku beli. Iya, buah pear di pagi hari baik untuk tubuh. Menurut buku yang ku baca, buah lebih baik di konsumsi saat perut dalam keadaan kosong atau 15 menit sebelum makan. Sehingga buah dapat dicerna dengan baik dan vitamin dalam tubuh dapat diserap. Jadilah aku rajin konsumsi buah di pagi hari.

Kenapa aku memilih buah pear ? Sebetulnya hanya sebagai varian saja. Namun berdasarkan The World Healthiest Foods buah pear memiliki banyak sekali manfaat. Berikut beberapa info dan manfaat dari buah pear :

  • Seringkali kita disarankan untuk mengkonsumsi buah pear bersamaan dengan kulitnya. Studi menyebutkan bahwa kulit pir mengandung hampir tiga sampai empat kali lebih banyak fitonutrien fenolik daripada daging. Fitonutrien ini termasuk antioksidan, flavonoid anti-inflamasi, dan fitonutrien berpotensi sebagai anti-kanker seperti asam sinamat. Kulit pir juga mengandung sekitar setengah dari total serat buah pear itu sendiri.
  • Buah pear dapat menurunkan resiko Diabetes tingkat 2 pada wanita. 
  • Jus pear memiliki anti-oksidan yang tinggi, berfungsi untuk menangkal radikal bebas.
  • Buah pear mengandung banyak Vitamin C dan K. Konsumsi satu buah pear  setiap hari mampu memenuhi 17% kebutuhan tubuh dalam sehari. (Dharma Sehat)
Di Baltimore Longitudinal Study of Aging (1.638 peserta, rata-rata rentang usia 62-69 tahun), kombinasi dari apel / pear menduduki peringkat sebagai sumber tertinggi kedua flavonol diantara semua buah-buahan dan sayuran karena kekayaan epicatechin dari pear. Asupan flavonol rata-rata dalam penelitian ini adalah sekitar 14 miligram per hari, dan satu buah pear dapat menyediakan sekitar setengah dari jumlah ini dengan sendirinya. 

Tips cara konsumsi yang baik :
Pear segar sangat baik untuk dimakan langsung, tentunya setelah dicuci. Cara mencucinya, cucilah buah dibawah air yang mengalir, kemudian keringkan. Karena kulit pear menyediakan sekitar setengah dari total serat pir serta antioksidan dan anti-inflamasi fitonutrien, cara konsumsi yang baik adalah untuk tidak mengupas buah tetapi makan seluruh pear. Setelah dipotong, pear akan mengoksidasi dengan cepat dan berubah warna menjadi kecoklatan. Kamu dapat mencegah hal ini dengan meneteskan beberapa tetes lemon, jeruk nipis atau jus jeruk pada daging buah pear.

Selamat menikmati! :)


You Might Also Like

0 komentar