Nasi Kuning dan Hintalu Masak Habang (Khas Kalimantan Selatan)

Kerinduan akan kampung halaman membuat saya rindu untuk segera pulang. Biasanya, di Sampit (Kalimantan Tengah) nasi kuning sering disantap k...

Kerinduan akan kampung halaman membuat saya rindu untuk segera pulang. Biasanya, di Sampit (Kalimantan Tengah) nasi kuning sering disantap ketika sarapan. Nasi kuning yang sangat "membahana, melegenda dan menjelajah katulistiwa" adalah nasi kuning dengan lauk Ikan Haruan. Apa itu ikan haruan? Saya juga kurang tau apa Bahasa Indonesianya ikan haruan hehehe

Nasi Kuning sebenarnya tidak hanya berada di Kalimantan saja, di tanah Jawa pun sering kali saya temukan nasi kuning. Tapi, nasi kuning di daerah Jawa dan Kalimantan menurut saya rasanya berbeda. Tidak hanya rasanya saja, tetapi lauk pendamping nasi kuningnya juga berbeda. Di Jawa, biasanya nasi kuning disajikan dengan urap, telur ceplok goreng, serondeng, dan timun. Berbeda halnya dengan nasi kuning di Kalimantan (khususnya di daerah saya, Sampit), di sana biasanya lauk pendamping nasi kuning adalah telur, ikan, ayam, daging yang dimasak merah (masak habang), mie telor, sambal goreng kentang dan tempe serta kerupuk.



Karena kerinduan akan kampung halaman dan adanya challenge yang diadakan oleh Indonesian Foodblogger, maka jadilah saya ikutan. Ini merupakan challenge ke 2 dari IDFB yang saya ikuti. Berdasarkan cerita saya diawal, maka saya memasak Nasi Kuning dengan lauk Hintalu Masak Habang (Telur Masak Merah) ala masakan Kalimantan. Masakan kali ini tentunya menggunakan Beras PureGreen, beras ini merupakan beras 100% Organik bebas kimia dan pestisida yang sangat sehat dikonsumsi oleh seluruh keluarga. 

Beras PureGreen ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu lebih sehat, lebih gurih, kaya mineral dan vitamin, kaya anti oksidan dan zat2 lain yang membantu mencegah kanker dan serangan jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, cocok untuk program diet dan yang terpenting adalah tidak cepat basi.

Tapi kali ini saya menggunakan Beras PureGreen Pandan Wangi. Let's check it out...

NASI KUNING DAN HINTALU MASAK HABANG (KHAS KALIMANTAN SELATAN)

BAHAN :

Nasi Kuning
150gr Beras Organik PureGreen Pandan Wangi
180ml Santan Kental (saya menggunakan santan kemasan siap pakai)
100ml Air
3 lembar Daun salam
2 lembar Daun jeruk
2 batang Serai (Digeprek/gepuk)
3 batang Kunir (sepanjang jari telunjuk) (diparut)

Hintalu Masak Habang
2,5 ons lombok keriting
9 siung bawang merah
4 siung bawang putih
5cm jahe
2cm kencur
3cm laos
200ml minyak sayur/minyak goreng
5 Telur rebus yang sudah di goreng (goreng hingga kulit telur agak kecoklatan)

Sambal Goreng Kentang
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2cm laos
asam jawa secukupnya
Gula merah secukupnya
1/8 sdt Garam
1 tangkai cabe keriting
Minyak Sayur untuk menumis secukuonya
200gr Kentang

Mie Goreng
80gr Mie Telor
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1/8sdt garam
1/8sdt gula
Kecap secukupnya
Mentega untuk menumis secukupnya

Cara :

Nasi Kuning
1. Siapkan santan dan air. Parut kunir. Campurkan kunir ke dalam santan yang telah dicampur dengan air.
2. Geprek serai.  Masukkan daun salam, daun jeruk dan serai ke dalam santan. Campur beras ke dalam Santan.
3. Siapkan panci. Masak diatas api kecil. Jika air sudah agak meresap, taburkan garam diatasnya, kemudian aduk. Pindahkan nasi ke dalam panci lain untuk di kukus/ditanak.
4. Masak dengan api kecil hingga nasi matang sesuai selera.

Hintalu Masak Habang
1. Haluskan cabe keriting, bawang merah, bawang putih, kencur, laos dan jahe jadi satu.
2. Siapkan minya goreng. Tunggu hingga cukup panas. Tumis bumbu hingga harum. Tambahkan garam dan gula. Cicipi untuk koreksi rasa jika garam atau gulanya kurang.
3. Masukkan telur yang sudah digoreng, aduk rata sampai bumbu merahnya merata dan meresap.

Sambal Goreng Kentang
1. Iris serong bawang merah, bawang putih dan cabe keriting.
2. Iris kentang menyerupai korek api. Goreng hingga kering. Angkat.
3. Haluskan gula merah yang dicampur dengan asam jawa.
4. Panaskan minyak goreng. Tumis bawang merah. bawang putih dan cabe keriting.
5. Masukkan gula merah dan  garam.
6. Tunggu hingga menyatu, masukkan kentang goreng. Aduk hingga rata. Angkat.

Mie Goreng
1. Rebus setengah matang mie telor. Beri sedikit minyak goreng agar mie tidak lengket.
2. Haluskan bawang merah dan bawang putih.
3. Lelehkan mentega. Tumis bawang merah dan bawang putih. Tambahkan Mie telor yang sudah direbus dan kecap. Aduk rata.
4. Jika rasa sudah pas, angkat.


Hasilnya, nasi kuning dari Beras PureGreen sangat harum dan pulen. Sajikan nasi kuning dengan hintalu masak habang, sambal goreng kering kentang dan mie goreng. Cocok disantap saat hangat. Selamat menikmati :)






You Might Also Like

12 komentar

  1. makasih udah ikutan yaaa...keren deh nasi nyaa..kliatan enakkk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, sama sama. seneng bisa ikutan challenge IDFB. mohon kritik dan sarannya yaaa. masih newbie nih ._.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Bener, terlihat enak..makin laper Mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang liat aja udah laper, apalagi yg buat mbak. soalnya masaknya lama hehehe

      Delete
  5. Duh, bener banget! Nasi kuning jawa beda banget sama nasi kuning kalimantan. Aku juga seorang perantau loh mbak heplin..
    Apa karena lidah ini udh kebiasaan jadi lidah kalimantan, jd kalo nerima yg lain rasanya agak gimanaa gitu.. :p
    aku sukanya nasi kuning pake lauk ikan bumbu merah. Duh, nendang banget rasanya! Kalo misalnya lagi pulkam, mesti nasi kuning khas kalimantan yg aku cari

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah merantau dimana mbak? hehehe. iya kaaaannn... beda kaaaaannn... kalo di jawa rasa rempahnya kurang kuat dan kurang nendang. kalo aku suka nasi kuning lauk ikan haruan masak habang hihihi

      Delete
  6. pada jago jago masak nih mbak mbak.. :D sya jadi iri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sih masih coba coba mas *_* hahaha

      Delete
  7. hai mbak...,orang banjar ya??
    Makasih ya mba resepnya...,kebetulan saya lagi cr resep ini. soalx hampir tiap hr saya beli naskun buat sarapan...,jadi sekali2 mau coba bikin sendiri deh..:D
    Oya,salam kenal ya mbak,saya nina dari kaltim ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan lahir dan besar di Kalimantan mb :) Salam kenal juga dari saya, Clara :)

      Delete