Donat Mentah

Maka, tanggal 14 Februari bukanlah lagi hari yang spesial untukku. Seakan menyadari, usiaku bukanlah remaja lagi. Melainkan usia peralihan, ...

Maka, tanggal 14 Februari bukanlah lagi hari yang spesial untukku. Seakan menyadari, usiaku bukanlah remaja lagi. Melainkan usia peralihan, dari remaja memasuki usia dewasa. Terlepas dari sebuah penyataan yang menyatakan bahwa dewasa tidak dinilai dari besarnya usia, aku pun merasa bahwa aku memiliki tanggung jawab untuk menjadi dewasa..


Teringat kenangan di masa Sekolah Menengah Atas. Semua dari siswa seumuran ku dimasa itu selalu menyambut Hari Valentine dengan penuh keceriaan. Menyiapkan Kado atau sekedar coklat untuk diberikan kepada orang-orang terkasih dan dengan menyimpan rasa penasaran, siapakah yang akah memberikan coklat ataupun kado kepada ku?

Di masa itu, semua anak remaja menyerbu tumpukan coklat dengan segala jenis dan bentuk yang dijual di Supermarket. Semua anak remaja menjadi "gila" akan coklat dan bunga. Iya, bunga dan coklat selalu menjadi primadona di bulan Februari. Namun kini, aku bahkan tidak menyadari bulan Februari telah datang menjemputku. Hari demi hari mengejar besar angka dalam usiaku. Apakah akan datang jodoh pada usia yang tepat ataukah Februari hanya menjadi simbol kasih sayang semata?

Ayolah, di usiaku ini nampaknya bukan hal yang tabu lagi jika aku harus berbicara tentang jodoh. Jodoh bisa saja datang tiba-tiba dan memintaku untuk tetap bersamanya. Wajar'kan jika aku bersiap?

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Iseng browsing resep-resep makanan membuat ku menemukan ide untuk membuat donat bentuk hati. Seperti biasa, untuk mengisi waktu luang...

Resep NCC DONAT KENTANG :

250 gr Tepung Cakra
100gr Kentang Kukus
40gr Gula Pasir 
25gr Susu Bubuk
1/2 bungkus Ragi Instant
2 butir Kuning Telur yang dikocong hingga mengembang
40 gr Margarin
Sejumput Garam
75 ml Air Hangat

Cara :
1. Kukus Kentang hingga matang. Kocok kuning telur hingga mengembang. Ditempat terpisah, campurkan gula, ragi instant, dan air hangat. Diamkan 10 menit.
2. Campur tepung, susu bubuk, aduk rata. Masukkan biang, uleni.
3. Tambahkan telur yang sudah dikocok mengembang. Uleni. Masukkan margarin dan mentega. Uleni hingga kalis.
4. Diamkan adonan hingga 45 menit, biarkan mengembang. Setelah mengembang, bentuk adonan menjadi bulatan, kemudian pipihkan, dan bentuk menjadi bentuk hati. Atau giling adonan kemudian potong dengan cetakan bentuk hati.

5. Goreng adonan dengan api kecil hingga berwarna kecoklatan dengan api kecil dan minyak yg panas. Jika sudah berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan. Donat siap untuk dihias. Kalau untuk donat yg ini, saya menggunakan Coklat batang yang dilelehkan, sprinkle dan cornflakes sebagai hiasan. Oya, saya juga menyuntikkan coklat leleh ke dalam donat yang sudah digoreng. Caranya, masukkan coklat leleh ke dalam pipping bag yg sudah dilubangi tipis. Tusuk donat dengan sumpit, setelah itu suntikkan coklat leleh ke dalam donat. :)



Hasilnya, donatnya enak, tapi sayang, aku kurang ahli. Jadi ada beberapa donat yang donatnya masih mentah ditengah :(
Lumayan untuk di jadikan cemilan tengah malam. Selamat Mencoba! Happy H-8 Valentine Days! 




With Love,
Clara Ayu

You Might Also Like

2 komentar