Terang Bulan isi Toblerone

Tanggal tua, ngidam Terang Bulan. Mungkin bulannya terang, tapi tidak dengan isi dompet saya. Kebetulan hari ini adalah hari sabtu dan se...

Tanggal tua, ngidam Terang Bulan. Mungkin bulannya terang, tapi tidak dengan isi dompet saya.

Kebetulan hari ini adalah hari sabtu dan sendiri saja di kos. Badan memang dikos, tapi pikiran sudah sampai ke bulan. Iya, terang bulan.

Didalam imajinasi saya, saya menerima transferan uang dari mama, kemudian saya pergi ke Paman Jual Terang Bulan di simpang tiga Citrouli Babarsari, memesan Terang Bulan isi Keju dan 15 menit kemudian saya sudah berada dikos kembali. Sedang menonton televisi, meneguk coklat panas seraya mengunyah Terang Bulan Keju dalam mulut. Nyam nyam nyam. Mulut penuh dengan keju dan susu yang lumer jadi satu dengan adonan terang bulan, lalu saya telan, masuk melalu kerongkongan dan sampailah ia didalam perut.

DOR! Tapi sayangnya, saya masih saja berbaring lemas diatas tempat tidur dengan perut kosong. Diluar pun hujan. Lengkaplah sudah hari indah saya ini.

Tapi untunglah, saya memiliki daya juang yang tinggi. Saya langsung beranjak dari tempat tidur dan mencari dimana keberadaan tas yang terakhir saya pakai. Biasanya, jika habis berbelanja, saya selalu lupa menempatkan kembali uang kembalian setelah berbelanja dan... aha! ada uang!

Sudah mendapatkan uang yang diinginkan, lalu muncul kembali pikiran yang tak senonoh. Malas keluar, takut hujan dan dingin. Oke saya tau bahwa saya malas. Maka, pergilah saya ke Mirota dan membeli Susu Ultra, Toblerone dan Margarin.

___________________________________________________________________________________

TERANG BULAN ISI TOBLERONE
(Super fast recipe)



BAHAN :
- 8 sendok Tepung terigu
- 200 ml Susu Ultra 
- 1 butir telur utuh
- 2 sendok gula (boleh gula putih atau gula kastor. tapi aku tadi pake gula putih)
- 1/4 sdt garam
- 1/4 sdt baking soda
- 1/4 soda kue (jangan ditinggal, nanti sarangnya gak kebentuk )
- 1 sendok margarin
- 1 sdm air putih
- 100gr Coklat Toblerone

CARA :
- Kocok telur dan gula hingga menyatu (saya manual aja, menggunakan whisk). Nggak usah terlalu lama, cukup sampai telur sedikit mengembang. 
- Tambahkan susu kedalam adonan telur. Aduk merata. 
- Campurkan tepung terigu, baking powder, dan garam. Tambahkan ke dalam adonan telur dan susu sambil di ayak ke dalam adonan telur dan susu (agar tepung tidak menggumpal). Aduk hingga rata.
- Panaskan loyang dengan api sedang. Tutup loyang, agar panasnya merata. Setelah 20 detik kira2, kecilkan kembali api. Kecilkan hingga sekecil-kecilnya, bahkan hampir mati juga nggak apa. 
- Ditempat terpisah, larutkan baking soda bersama dengan satu sendok air putih. Segera campurkan dengan adonan sesaat sebelum adonan dituang ke loyang. Sebab, soda kue hanya bereaksi kurang dari 5 menit.
- Tuang adonan kedalam loyang. Kalau berbunyi "nyesssss", berarti loyang sudah panas. Soalnya, kalo nggak panas, nanti adonannya bantet. 
- Untuk membuat krispi dipinggiran, goyang adonan dengan sendok atau sejenisnya. Hingga terbentuk pinggiran tipis.


- Jika pinggiran adonan sudah berwarna coklat muda, taburkan gula diatas adonan. Tutup kembali hingga gula meleleh. 


- Jika seluruh adonan sudah matang, segera angkat. Ingat ya, api yang digunakan adalah sekecil-kecilnya api. Supaya matang merata dan nggak gosong :)
- Olesi adonan dengan mentega.


- Lelehkan coklat toblerone dengan cara di tim. Lalu ratakan diatas Terang Bulan yang sudah jadi :)


Akhirnya, dengan segenap kebanggan pada diri sendiri, setelah melewati 2 kali masa percobaan dengan hasil yang gagal. Saya bisa juga menyamai kemampuan membuat terang bulan setara dengan Paman Jual Terang Bulan. God Bless!!

Challange accepted !

note :
1. Adonan ini adonan super cepat dan kilat. Gak pake nunggu lama atau didiemin berjam-jam
2. Tanpa Fermipan (kalo pake fermipan, adonannya asem, jadinya kaya kue apem)
3. Jangan sampai melewatkan soda kue. Soalnya, tanpa soda kue, terang bulan buatan anda hanyalah butiran terigu tanpa sarang :(
4. Toblerone ternyata manis banget, lebih enak pake Silverqueen atau Cadburry kayaknya :D
5. Untuk 1 porsi terang bulan berdiameter 8 cm.

You Might Also Like

0 komentar