Lempeng Pisang Banjar

Orang barat bilang namanya pancake, tapi kalo di Banjarmasin namanya Lempeng atau Limping. Biasanya makanan ini dijual dipasar kue tradision...

Orang barat bilang namanya pancake, tapi kalo di Banjarmasin namanya Lempeng atau Limping. Biasanya makanan ini dijual dipasar kue tradisional. Bahannya hampir sama kaya resep pancake tapi ini nggak pake soda kue atau baking powder. Lempeng biasanya dimakan dengan taburan gula diatasnya. Wah pokoknya enaklah!

Karena sore ini otakku sudah buntu dan butuh makanan untuk membuka sumbatannya, jadilah aku bikin Lempeng untuk camilanku. Kebetulan tadi beli susu kedelai dan belum habis diminum, trus masih ada stok buah pisang.

LEMPENG PISANG BANJAR


Bahan :
- 1 buah pisang  (boleh buah pisang apa aja)
- 7 sdm tepung terigu
- 4 sdt gula pasir
- 1 butir telur
- 1 cangkir air putih (aku tadi pake susu kedelai)

Cara :
1. Potong pisang melintang ukuran sedang. Jangan terlalu tipis ataupun tebal. Atau bisa juga ditambahkan pisang yang sudah dihaluskan.
2. Kocok telur dan gula. Nggak usah lama-lama, cukup sampe gula dan telur menyatu aja.
3. Tambahkan tepung terigu sambil diayak, kocok menggunakan whisk.
4. Tambahkan susu/air. Aduk rata sampe adonan menyatu.
5. Panaskan teflon, tutup teflon supaya panas merata. Kalau sudah panas, masukkan setengah adonan ke dalam teflon. Gunakan api kecil. Kecil banget. Supaya matang sempurna. Tutup teflon kembali.
6. Kalo permukaan adonan udah setengah matang, dan adonan bagian bawah sudah berwarna coklat, balik kue perlahan. Masak sampe bagian bawah berwarna coklat.




You Might Also Like

0 komentar