Baking Demo Tepung Mila Serbaguna

Beberapa minggu ini, skripsi buat saya sedikit terbebani. Nggak cuman terbebani secara psikologis, tapi juga finansial. Hahaha. Beli kertas,...

Beberapa minggu ini, skripsi buat saya sedikit terbebani. Nggak cuman terbebani secara psikologis, tapi juga finansial. Hahaha. Beli kertas, buku, mikir data, footnote dan terjemahan membuat saya pusing bukan kepalang. Karena terlalu pusing untuk dipikirkan, malah buat saya malas untuk ngerjain. *balada mahasiswa karbitan*. Kenapa karbitan? Saya salah jurusan wey! Kuliah di jurusan hubungan internasional kayaknya bukan malah menggali kemampuan saya, tapi justru menggali kemalasan saya *malah curhat*.

Yaudah mari kita skrip pembicaraan terlarang ini. Kemarin, 24 Mei 2014 saya ikutan acara Baking Demo di Intisari Baking Centre Yogyakarta yang diadakan oleh PT. Pundi Kencana. Nah PT. Pundi Kencana adalah salah satu perusahaan yang komoditas utamanya tepung terigu.Perusahaan ini punya banyak banget varian produk tepung, salah satunya Tepung Mila Serbaguna. Tepung Mila ini satu-satunya produk tepung dari PT. Pundi Kencana yang berat kemasannya 1kg. Tepung Mila bisa dipake untuk berbagai olahan kue dan makanan lainnya. Ternyata, Mila sering banget ngadain event-event yang berkaitan dengan produk masakan, ada baking demo, grebek pasar dan lain-lain. Dijogja, Mila baru pertama kali ini bikin acara baking demo. Kemarin lumayan sih yang dateng, ada 35 orang lebih kayaknya dan 5 resep yang didemokan. Rata-rata resep yang didemokan adalah kue yang udah deket dikehidupan sehari-hari dengan sedikit inovasi baru. Tujuannya supaya bisa jadi inspirasi resep baru bagi para pengusaha kue. Bahan dari resepnya gampang banget dan murah-murah, bisa juga dikreasikan dengan topping atau rasa yang lain. Berikut resep-resepnya :


Cup of Cheese ini basicnya adalah kulit pie. Fillingnya cenderung ke softcake, bukan fla. Awalnya aku ngira kalau fillingnya ini adalah fla, eh pas jadi ternyata softcake gitu. Rasanya gurih, asin dan manis. Rasa keju dari filling dan susu dari kulit pie bercampur jadi satu. Kulit pie-nya renyah dan lembut.


Passion Fruit Temptation ini teksturnya lembut buanget dan manis banget. Kalo yang suka manis, mungkin cocok banget sama kue ini. Lucunya, kue ini nggak dicetak di cetakan yang bundar. Tapi justru dicetak di cetakan kotak, gak panjang. Saya lupa berapa ukurannya. Tapi yang pasti, tinggi adonan kurang dari 3cm. Ya seukuran kue bolu biasanya. Setelah matang, adonan persegi tadi dopotong sesuai keinginan dan digulung seperti gulungan kue bolu hingga habis (jadinya gulungannya gede banget sih). Nah makanya difoto ini, layer kuenya bukan ke atas/bawah tapi justru menyamping.


Pineapple Cube Cookies ini adalah kue kering yang merupakan gabungan dari kue nastar dan kastangel. Adonan keju yang ditumpuk dengan filling selai nanas. Hasilnya renyah dan guring serta asem manis yang didapat dari selai nanas. Kata Chef Fariz, kalau mau cookiesnya semakin halus dan renyah, gula dan butternya dilamain kocokannya. Terus, Setelah adonannya jadi, tutup adonan pake plastik wrapping. Trus masukkan ke dalam chiller supaya adonan lebih mudah dibentuk.


Berry Peach Bar ini rasanya enak banget. Menurut saya paling enak diantara resep lainnya. Nah tekstur dari kue ini lembut dengan rasa susu yang kuat. Saat pemanggangan, adonan kue ini nggak perlu tinggi-tinggi, ya seperempat loyang lah. Soalnya si kue ini bahak mengembang baaanget. Kue yang ini tergolong lebih gampang dan simple. Favorite saya deh!


Rendang Fried ini semacam roti goreng yang diisi rendang cincang. Untuk adonannya, harus diaduk sampe kalis baaanget. Kalo pake alat, mungkin sekitar 15 menit-an. Kalo manual, em... saying goodbye aja deh sama tangan.Tips untuk adonan; kalau adonan pake ragi, masukkan gulanya perlahan-lahan. Gunakan air dingin, supaya ragi nggak bekerja saat proses pengadukan. Setelah diaduk, bagi adonan masing-masing 25gr dan bulatkan. Diamkan adonan beberapa saat sampe mengembang.


Nah, ini bonus resep aja. Kemaren nggak didemokan. Katanya ini basic cake. Teksturnya lembut banget, bisa untuk adonan kue bolu atau tiramisu dan kawan-kawan.


Nah ini dia hasil akhirnya. Wah menggoda 'kan?


Acaranya mulai dari jam 09.00 WIB- 15.00 WIB, seharian full acara baking. Dari pagi sampe sore, puas banget! Tapi sayang, harga tiket sama yang didapet gak seimbang. Tiketnya mahal banget, Rp. 100.000,- dapetnya cuman tepung Mila kemasan 1kg, snack, dan makan siang *curhat* *mental anak kos* hihihi. Tapi senengnya, di acara kemaren  saya kenalan sama Ibu Irma, beliau punya rumah makan bebek dan juga terima pesenan kue. Wah menginspirasi banget dan usut punya usut, ternyata kebanyakan dihadiri oleh ibu-ibu yang punya usaha kuliner. Ada yang punya kedai ramen, punya usaha bakery dan lain-lain *sepanjang acara malah gosip*. Hahahaha. Lumayankan menambah kenalan. Terimakasih PT. Pundi Kencana.




You Might Also Like

2 komentar

  1. Wah, peserta termuda ya Mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe gak juga mbak. kmren beberapa kayaknya ada yang se-usia saya. Tapi mostly sih emang Ibu2 hehehe

      Delete