Tahu Tek Tek Surabaya

Ah, setelah empat tahun tinggal di Jogja, akhirnya bisa merasakan nikmatnya Tahu Tek-tek! Minggu lalu, Sasha (adik sepupu Anas yang ti...

Ah, setelah empat tahun tinggal di Jogja, akhirnya bisa merasakan nikmatnya Tahu Tek-tek!

Minggu lalu, Sasha (adik sepupu Anas yang tinggal di Surabaya) dateng ke Jogja dan berbaik hati mau bawain aku petis Surabaya. Apa itu Tahu Tek-tek? Tahu tek-tek adalah makanan asal Surabaya. Biasanya dijajakan pake gerobak. Kenapa namanya tek-tek? Karena pas bikinnya, ada bunyi tek tek tek tek dari gunting yang dipake untuk gunting si tahu dan telur.

Aku nyicipin makanan ini pertama kali sewaktu di Sampit. Di Sampit mudah banget ditemui masakan ala Jawa Timur-an, karena banyak orang Jawa Timur yang melakukan transmigrasi. Banyak dari mereka yang kerja kantor, buruh di perusahaan kelapa sawit dan juga berdagang. Ada yang dagang sembako, baju sampe makanan, salah satunya dagang tahu tek-tek. Rasa makanan ini khas Jawa Timur banget. Saking sukanya, hampir tiap hari aku beli makanan ini. Sampe-sampe yang jual hapal sama pesenanku. Hehehehe. Rasa yang melekat pada makanan ini adalah perpaduan dari saus kacang, petis, bawang putih dan kecap. Tapi, yang jadi ciri khasnya adalah petis! Petis Surabaya sama petis tempat lain itu beda rasa! Beberapa kali nyobain Tahu Tek-tek di Jogja, rasanya gak enak, nggak ada yang menonjol. Sampai akhirnya aku sadar, ternyata yang bikin beda adalah petisnya. Sasha bilang, petis di Surabaya itu banyak macamnya. Masing-masing petis punya ke-khusus-an masing-masing. Ada petis yang hanya digunakan untuk gorengan, tek-tek dan lain sebagainya. 

Tahu tek-tek ini terdiri dari lontong yang dipotong kecil-kecil, tahu yang digoreng setengah matang dan dipotong kecil-kecil pake gunting, kecambah, dan irisan timun yang dipotong kecil-kecil, trus disiram pake saus atau bumbu kacang. Biasanya tahu tek-tek disajikan berbarengan dengan kerupuk udang. Nah, kalo main ke Surabaya, makanan ini adalah makanan wajib yang harus dicicipi! 


TAHU TEK TEK

Bahan :
3 sdm kacang goreng
1/2 siung bawang putih
1 sdt petis Surabaya
2 tangkai cabe rawit (kalo suka pedes)
1/4 sdt garam
Kecap manis secukupnya
Bawang goreng secukupnya
Timun dipotong kotak secukupnya
Lontong
Tahu yang sudah digoreng (biasanya tahu putih biasa)
Kecambah yang sudah matang (cukup direndam air panas aja)
Telur goreng (boleh di ceplok atau didadar)

Cara :
1. Haluskan kacang goreng, bawang putih, cabe rawit dan garam.
2. Campurkan petis ke dalam  kacang yang sudah dihaluskan. Campurkan hingga merata
3. Campurkan kecap secukupnya.
4. Potong lontong dan tahu dengan bentuk kotak. Potong telur sesuai selera. Biasanya, lontong, tahu dan telur dipotong pake gunting (makanya bunyinya tek tek tek trus dinamain tek tek *ngulang lagi*)
5. Tambahkan kecambah dan timun diatas potongan lontong, tahu dan telur.
6. Siram dengan saus kacang. Taburkan bawang goreng.
7. Siap disantap.

Berikut foto dari Tahu Tek-tek hasil masakan saya dengan platting yang berantakan



Seneng banget seharian makan ini, tapi besoknya udah bosen, mblenger, kalo orang Jawa bilang. Hehehe. Meskipun kemaren dibuat mblenger, saya tetap suka dan mengagumi makanan ini. Wajib coba kalo main ke Surabaya!

You Might Also Like

1 komentar

  1. Wah iya, sip petis itu emang, salah satu rasa umami asli Indonesia, hehe. Dulu pernah waktu ke Surabaya nyoba ke gang2 untuk nyari jajanan dan nemu gerobak besar yang mangkal gitu, eee ternyata jual tahu tek itu, sedapnyaaa, hhi. Racikannya jan sip Cak e, cuma aftertaste bawangnya terlalu kuat menurut saya, gara-gara mentah itu, ndak ditumis dulu. Hmm, saran saya sih biar mungkin gak begitu mblenger timunnya itu jangan mentah, atau lebih baik di acar, biar bisa cut through that rich petis taste, hihi. Salam Kenal. :D

    ReplyDelete