Duit Tipis Perut Klimis

Ah, kalau sudah masuk akhir bulan begini rasanya magnet dari kasur lebih besar dari pada hiruk pikuk apapun yang terjadi di luar sana. Duit...

Ah, kalau sudah masuk akhir bulan begini rasanya magnet dari kasur lebih besar dari pada hiruk pikuk apapun yang terjadi di luar sana. Duit tipis sedangkan keinginan kadang datang ketika terlalu banyak melihat banyak hal di luar sana. Liat sate, pengen sate. Liat baliho pizza, pengen pizza. Lihat warung tengkleng kambing, pengen tengkleng. Lihat orang berkeluarga, pengen berkeluarga #eh 

Akhir bulan emang paling bener kalo berada di balik selimut, makan cuman sekali dan menjauhi hal-hal duniawi. Lah, malah gak sehat ya. Udah lupain aja hal-hal nggak sehat seperti itu, mari kita coba tips hemat akhir bulan ala saya :

1. Stok beras
Stok beras di kos adalah satu kebajikan bagi diri sendiri. Pas awal bulan, selalu sisihkan uang untuk membeli beras. Cukup beli 2 kg, bisa untuk 1 minggu, kalo makannya 3x sehari. Kalo 2x sehari dengan porsi hemat mungkin bisa sampe 2 minggu. Nah kalo beli beras, lauknya bisa beli atau kewajiban lain yang harus dilakukan adalah...

2. Masak sendiri
Jadi kaya lagu dangdut nih, masak-masak sendiri, cuci baju sendiri... Hal paling bener untuk menghemat adalah memasak sendiri. Uang Rp.5.000,- bisa di gunakan untuk makan seharian full. Apa yang bisa di masak? Gimana caranya sehat tapi tetap hemat? Berikut menu makanan yang bisa kamu kreasikan:
a. Sayur sop/capcay. Bikin sayur sop termasuk makanan yang paling mudah di buat dan biasanya di warung-warung tersedia paket sayur sop. Jadi sayur yang biasanya di masak sop sudah di plastikin. Ini memudahkan buat para cowok yang nggak ngerti sayur dan gak mau rempong. Sayurnya tinggal di potong-potong seperti biasa, ukuran sedang dan nanti tinggal di cemplungkan ke dalam panci. Bumbu yang di gunakan cuma bawang putih dan merica di ulek, campur dengan air putih di dalam panci. Tunggu hingga mendidih, masukkan sayurnya.
b. Tempe/tahu goreng + sambel + sayur bayam. Kalau yang ini nggak usah di jelasin panjang lebar ya, gampang banget. Kamu cuma tinggal potong-potong tempe, rendam di air garam sebentar, lalu goreng. Sayur bayamnya di rebus dengan potongan bawang merah (atau kalau nggak punya bawang merah, gak pake juga gak apa) jangan lupa di tambah garam. Untuk sambel kamu cuma butuh bawang merah, lombok, gula, garam dan terasi.
c, Bakwan jagung + sambel. Bahannya cuma jagung manis, tepung terigu dan daun bawang, garam. Jagung di pipili, tambahkan ke dalam tepung yang sudah di campur dengan air dan garam, terus di goreng deh.
 d. Telur orak-arik. Kalau bosen sama telur dadar, telur mata sapi, boleh di coba telur orak arik. Sedikit minyak, panaskan, ceplok telur, lalu aduk telur, tambahkan garam, tambahkan kecap dan saos sambal. Jadi deh...
e. Oseng-oseng tempe dan kacang panjang. Bawang merah, bawang putih, lombok diiris tipis. Potong tempe dan kacang panjang ukuran sedang. Goreng/rebus tempe terlebih dahulu. Setelah itu oseng irisan bawang merah, bawang putih dan lombok dengan sedikit minyak goreng. Tambahkan gula dan garam secukupnya, masukkan kacang panjang, kemudian tempe, tambahkan kecap dan air secukupnya. Aduk rata.

3. Punya pacar
Nah ide terakhir dari saya. Bagi yang cowok, carilah pacar cewek yang pinter masak atau paling nggak yang pinter mengelola keuangan dan nggak malu makan di pinggir jalan. Punya cewek model begini bisa diandalkan dan menghemat kantong kala akhir bulan. Bagi yang cewek, carilah cowok yang rela jajanin kamu atau paling nggak mau ngajakin kamu makan bareng di rumahnya. Selain biar dekat sama calon mertua, ya paling nggak uang kita masih utuh, bisa di pake untuk beli make up *jahat*

Lumayanlah ya, tips dari saya nggak terlalu sulit. Meski anak kos, harus tetap perhatikan makanan yang di konsumsi dong. Jangan mau cuman makan mie instant. Beberapa temen saya udah jadi korban keganasan mie instant. Sakit usus buntu itu nggak enak loh guys. Terlebih harus di rawat inap di rumah sakit. Aaahhh... ogah! Berjuanglah hingga awal bulan menjemputmu.

You Might Also Like

2 komentar

  1. akhir bulan emang harus pinter2 ngirit hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya mak, apalagi untuk anak kos kaya saya. Makasih ya mak sudah berkunjung :)

      Delete