Ekado

Dari namanya aja pasti udah pada tau'kan ini makanan apa? Ekado ini udah familiar banget di lidah kita semua, Bagi yang sering ke Hokben...

Dari namanya aja pasti udah pada tau'kan ini makanan apa? Ekado ini udah familiar banget di lidah kita semua, Bagi yang sering ke Hokben, pasti tau deh makanan apa ini. Pun udah banyak blogger lain yang menulis resep Ekado. Tentunya sudah pada sering makan dong ya? :)

Emang telat kalau harus posting Ekado di tahun 2014, padahal makanan ini udah beken dari zaman dulu. Tapi ya udahlah ya, cuman buat arsip aja kalau saya juga pernah bikin Ekado ini, hahaha. Lagian saya cuma mau memberdayakan kembang tahu yang udah lama di beli tapi nggak ke-pake. Eh tapi akhirnya juga gak ke pake ding, soalnya kembang tahunya lemes banget dan tipis. Padahal saya udah terlanjur beli bahan-bahannya. Daripada mubazir, jadi saya ganti pake kulit pangsit goreng aja. Oya, ngomong-ngomong kembang tahu yang tadi, yang berhasil bisa membungkus adonan Ekado cuman satu, begini bentuknya


Cuman ini kembang tahu yang bagus dan bisa saya manfaatkan, sisanya robek-robek nggak bisa di pake. Sedih banget. Tapi, seperti yang saya bilang tadi, saya ganti sama kulit pangsit goreng. Hasilnya tetep enak kok, garing dan renyah. Cara buatnya juga gampang. tinggal aduk-aduk, bungkus, kukus, selesai. Oya, yang saya buat ini cuman pake daging ayam giling dan udang cincang, gak pake ikan segala macem. Mahal bok, anak kos nggak sanggup beli banyak-banyak hahaha. Tapi nggak perlu pake ikan pun udah enak loh. Berikut resepnya,

Ekado

 Bahan :
150 gr daging ayam giling
100 gr udang cincang (dagingnya aja ya, kulitnya buang hihihi)
1 sdm tepung tapioka
3 siung bawang putih dan haluskan
1/2 sdt garam
4 sdm saus tiram
2 sdm saus raja rasa
1 tangkai daun bawang yang diiris tipis
1 batang wortel potong kecil berbentuk dadu
1 kuning telur
25 lembar kulit pangsit goreng (saya beli yang siap pakai)

Cara :
1. Campur semua bahan jadi satu. Nanti jadinya begini nih


2. Siapkan kulit pangsit. Tambahkan adonan (posisinya di tengah kulit pangsit) ke dalam kulit pangsit, bungkus. 
3. Siapkan panci untuk mengukus Ekado. Oya, supaya nggak lengket, beri jarak antara Ekado satu dengan yang lainnya. Panci/saringan panci untuk mengukus ada baiknya di olesi minyak goreng atau boleh pake kertas minyak (kayak bakpao). Nah kukus Ekado sampe mateng ya.
4. Setelah di kukus, silakan goreng Ekado sampai berwarna ke coklatan.
5. Ekado siap di sajikan bersama dengan saos sambal botolan.



Saya gak tau deh ini mau di namain pangsit atau Ekado gara-gara nggak pake kembang tahu. Tapi next time, kalo dapet kembang tahu yang bagus, Saya janji bakal posting ulang si Ekado ini dan meskipun ini nggak pake kembang tahu, rasanya enak banget *ngulang* . Jadi yaudah gitu aja ya, pokoknya enaklah. Hasilnya juga banyak, bisa buat di bagi-bagi. Tapi kalo gak rela bagi-bagi ya bisa untuk makan sendiri *apasih* haha...



You Might Also Like

0 komentar