Bale Raos Royale Cuisine Restaurant 1

Bale Raos adalah satu-satunya restoran di Yogyakarta yang terdapat di dalam area Keraton. Tempatnya tersembunyi dan jauh dari kebisingan. B...

Bale Raos adalah satu-satunya restoran di Yogyakarta yang terdapat di dalam area Keraton. Tempatnya tersembunyi dan jauh dari kebisingan. Bahkan untuk masuk menuju restoran ini saja kami harus mematikan mesin dan mendorong motor ketika memasuki gerbang keraton. Tempatnya memang sunyi, sepi dan tenang.

Memasuki gerbang bale raos, kita akan di sambut dengan taman mini di sisi kanan dan kiri yang berisi air mancur dan tanaman bunga. Tempatnya asri dan tenang sekali. Pelayanannya ramah dan benar-benar mengeluarkan aura rakyat Jogja. Yang unik di sini, setiap setengah jam, lonceng akan di bunyikan sesuai dengan jamnya. Misalnya jam enam, maka lonceng akan di bunyikan sebanyak enam kali. Unik ya? Sepertinya zaman dahulu untuk mengetahui waktu, keraton menggunakan sistim lonceng ini. Lonceng ini di bunyikan oleh abdi dalem yang masih setia menggunakan pakaian khas abdi dalem.



 Setelah melewati taman mini di sisi kanan dan kiri, maka kita akan menemukan dua pilihan pendopo. Keduanya nyaman dan terbuka. Lantainya bersih dan kinclong.


Di sekeliling pendopo, kita bisa melihat testimoni artis-artis atau orang terkenal lainnya di negeri ini yang sudah pernah berkunjung ke Bale Raos.


Berikut  tatanan meja di pendopo sebelah kanan. Meja yang di gunakan meja bundar dan tatanan meja menggunakan tatanan restoran mahal hehehe


 Di pendopo sebelah kiri, meja yang di gunakan adalah meja segi empat, dengan menggunakan tatanan meja dan alat makan yang sama.


Kebetulan sewaktu saya berkunjung ke sini sudah memasuki masa puasa, jadi ketika adzan hendak di kumandangkan, para pengunjung di berikan takjil secara gratis. 


 Kalau kamu pengen makan di tempat yang nyaman, tenang dan kental akan budaya, Bale Raos Royale Cuisine  Restaurant adalah jawabannya. Selain tempat yang tenang, Bale Raos juga menggoda lidah dengan hidangannya yang begitu nikmat. (klik kata hidangannya untuk review beberapa makanan)

Jl. Magangan Kulon 1, Yogyakarta 55131, Indonesia

You Might Also Like

0 komentar