Otak-otak Goreng

Cara lain menikmati ikan tenggiri dengan mudah adalah dengan menyulapnya menjadi otak-otak. Saya paling males kalo goreng ikan kulitnya se...


Cara lain menikmati ikan tenggiri dengan mudah adalah dengan menyulapnya menjadi otak-otak. Saya paling males kalo goreng ikan kulitnya selalu lengket di wajan dan kalo di masak berkuah, terlalu lama manasinnya, ikannya jadi hancur. Maklum pemula. Meski sebenernya kuncinya adalah kalo mau goreng, minyaknya harus panas dulu, terus kalo di masak berkuah, jangan terlalu lama dan berulang-ulang. Saya tahu, tapi saya sering khilaf. Jadi masakan saya kadang suka ancur. Untung cuman masak untuk diri sendiri, penampilan buruk rupa pun tetap enak. Coba aja kalo masak untuk mama papa, bisa-bisa di ejekin karna nggak bisa masak.


Tinggal di Jogja buat saya jarang makan ikan, apalagi tenggiri. Di Jogja jarang ada ikan segar, kalo ada pun mahal buanget. Terakhir ngerasain makan ikan tongkol di tempat Ibu banjar. Ikan tongkol goreng, sayur berkuah dan sambel terasi, semua di masak persis kaya makanan ala Banjar, yaampun, saya terharu. Bikin kangen rumah, lidah saya terasa hidup kembali *lebay* hahaha.

Kemarin pas nyampe kosan, saya bergegas menyerbu Superindo mau nyari ikan tenggiri. Mau makan ikan tenggiri tapi yang nggak lengket di wajan *malas ngerik*. Saya mau masak otak-otak goreng. Gampang banget kok cara buatnya. Karna saya nggak bisa fillet ikan sendiri (selain alasan saya nggak bisa, juga karna pisau yang tumpul) jadi saya minta tolong mbak-mbak Superindonya untuk fillet ikan tenggiri. Sampai di rumah, saya cuman tinggal kerok dagingnya menggunakan sendok. Guampang banget, cuman muales bangetnya adalah muncul lalat-lalat nakal yang mengganggu.

Bahannya nggak banyak, 350 gr ikan tenggiri (kerok semua dagingnya ya), 1 bungkus santan Kara (lebih enak santan asli deh), 1/2 sdt garam, 125 gr tepung tapioka, 4 siung bawang putih (haluskan ya), daun bawang iris tipis secukupnya. Nah gampang kan? Dikit doang bahannya sih. Cuman ikan tenggirinya yang mahal cin.

Caranya, ikan tenggiri yang di kerok, campurkan dengan bawang putih yang sudah di haluskan. Tambahkan garam dan daun bawang. Aduk rata, cicipi rasanya. Tambahkan tepung tapioka, aduk rata, tambahkan santan. Aduk rata hingga kalis. Bentuk sesuai keinginan. Tapi karena adonannya lengket, jadinya saya pake cara paling mudah aja deh, bulatkan adonan. Membulatkan adonan paling mudah adalah menggunakan sendok. Hayo bisa nggak? 

Kalau adonan sudah di bulatkan, panaskan minyak. Goreng dengan api sedang, supaya adonan dalamnya juga mateng. Masaknya mudah, rasanya juga enak, yang penting sih nggak lengket di wajan ya guys... *tetep*



You Might Also Like

1 komentar

  1. Mau cari Dus Makanan untuk makanan yang berkuah ataupun berminyak?
    Dijamin anti ngompol dan bocor. Selengkapnya dapat Anda baca di sini.

    ReplyDelete