Membuat Kue Dengan Rice Cooker?

Belakangan lagi rame bikin kue menggunakan rice cooker, sebenernya cara ini udah lama banget di coba, tapi mungkin dulu kurang banyak...


Belakangan lagi rame bikin kue menggunakan rice cooker, sebenernya cara ini udah lama banget di coba, tapi mungkin dulu kurang banyak yang membicarakan. Beberapa hari yang lalu saya lihat sebuah postingan tentang tutorial simple cake yang di masak menggunakan rice cooker.  Lalu muncul sebuah pertanyaan, apakah bisa?

Salah satu resep untuk memasak kue di rice cooker saya temukan di Squidoo, kalau melihat hasilnya pasti takjub, keren banget. Kuenya mulus dan teksturnya moist sekali. Rasanya pengen juga nyoba, bener nggak sih bisa di pake untuk masak kue. Tapi, sebelum mencoba, ada beberapa hal yang harus di perhatikan. Apakah itu? check it out...

1. Jenis rice cooker
Satu hal yang memang harus di perhatikan adalah kemampuan rice cooker  yang kita miliki. Ada jenis rice cooker yang memang di peruntukkan untuk memasak kue dan ada yang tidak. Contoh, rice cooker murah meriah seperti banyak yang kita miliki ini, yang harganya Rp. 100.00 - Rp. 300.000. Kemampuan rice cooker ini hanya sebatas menanak dan menghangatkan nasi, tidak untuk membuat kue. Nah, kalau kamu memaksakan untuk membuat kue menggunakan ini, ngotot harus masak meskipun beberapa kali tombol sudah mengarah ke mode warm tapi tetep aja kamu pencet ke mode cook. Jangan nangis kalo ternyata setelah membuat kue ini kamu harus membeli rice cooker baru.

Nih contohnya, rice cooker di paksa memasak kue
(sumber : joshhorndorff)

Ada 3 kemungkinan kalau kita terus memaksa, yaitu; pertama kue gosong, karena sebenarnya pengaturan pada rice cooker sudah menandakan bahwa kue sudah matang atau tidak bisa di masak lagi, tapi karena setelah kita cek kue belum matang, lalu kita paksa untuk harus matang, jadi panas yang di hantarkan si rice cooker melebihi panas yang di butuhkan. Jadinya ya gosong deh. Kedua, teflon terkelupas, ada beberapa pengalaman yang setelah memasak menggunakan rice cooker, teflonnya terkelupas dan pecah-pecah. Akhirnya ketika di gunakan untuk memasak nasi, nasinya justru gosong. Ketiga, rusak, kalau sudah teflon terkelupas dan panas yang berlebihan, kemudian apalagi yang terjadi? Rusak. Kemungkinan penghantar panasnya rusak, karena di paksakan untuk terus memasak padahal kemampuan rice cooker sudah pada batasnya.

Nggak perlu masak kue deh, saya pernah mencoba memasak nasi kuning menggunakan rice cooker. Kata orang, kita bisa memasak menggunakan rice cooker, tapi setelah saya coba, justru berasnya nggak mateng dan menunjukkan mode warm. Karena saya penasaran, jadi saya coba lagi, nggak sampe 1 menit, kembali lagi ke mode warm. Hasilnya, berasnya gosong dan lengket, hiks. Mulai dari hari itu, rice cooker saya sayang-sayang, bertahan 4 tahun menemani saya kos di Jogja.

2. Resep
Nggak semua resep bisa di masak menggunakan rice cooker, hasilnya nanti kue akan bantet atau nggak mengembang karena perbedaan panas yang di butuhkan. Nah sebelum memasak, ada baiknya kita perhatikan bahan apa aja yang di gunakan dan apa fungsinya. Membuat kue seperti belajar kimia, kita harus tau apa yang harus di masukkan pertama kali, apa yang harus di campur dan yang harus di masukkan terakhir kali. Salah satu langkah saja, maka kita harus lambaikan tangan sama kue yang kita bikin, hahaha. Karena saya nggak pinter kimia, maka saya juga nggak pinter bikin kue *curhat*

3. Kantong
Ada apa dengan kantong? 
                              "kalau kamu nggak memperhatikan ke dua hal di atas, maka 
            yang harus kamu perhatikan adalah kantongmu. Apakah kantong mu siap di rogoh
                                            untuk membeli rice cooker baru ?"

3 hal itulah yang harus di perhatikan sebelum mencoba membuat kue dengan rice cooker. Harga kuenya nggak seberapa, tapi kita harus merelakan rice cooker rusak? Oh tidak *elus-elus rice cooker* Oh iya, kecuali rice cookernya memang diperuntukkan untuk membuat kue ya, kaya rice cooker buatan Jepang itu loh *cheers*

post signature

You Might Also Like

4 komentar

  1. wah join blognya mbak Clara saya jadi nambah pinter serasa ikutan masak hehe keren mbak clara ^-^

    ReplyDelete
  2. Iyaa,, benerr bangeett kak.. Aq kmrn cobain,, eh malah ricecookernya rusakk :'( jd musti beli baruu deh :( makasii infonyaa :) bergunaa bgt

    ReplyDelete
  3. Baca blognya mbak Clara saya jd tau, ternyata kalo mau bikin kue gak sembarangan gunain rice cooker. ada rice cooker khususnya. Makasih mbak Clara infonya ^_^ berguna banget

    My blog

    ReplyDelete