Mie Ayam Ter-enak Se-Jogja Versi Clara

Siapa yang nggak kenal mie ayam ? Ah semua pasti tahu makanan Indonesia satu ini. Hampir di setiap penjuru Nusantara selalu saja ada yan...


Siapa yang nggak kenal mie ayam ? Ah semua pasti tahu makanan Indonesia satu ini. Hampir di setiap penjuru Nusantara selalu saja ada yang menjual mie ayam. Di Sampit (Kalimantan) ada, di Banyuwangi ada, di Jakarta ada dan di Jogja pun juga ada.

Saya pribadi suka banget makan mie ayam. Duh, kuahnya, mienya, kaldunya... Aaarrgghhh... Bikin ngileeer! Nah berhubung saya penggemar berat mie ayam, di setiap daerah yang sering saya singgahi selalu aja ada yammie langganan. Maksudnya langganan, setiap kali saya datang ke kota itu, kalo saya pengen makan mie ayam, ya selalu ke tempat yang sama. Kalo di Sampit, saya paling doyan sama mie ayam Jakarta. Tempatnya kaya rumah tinggal, tapi sudah beralih fungsi jadi tempat makan. Setiap hari selalu aja rame yang dateng, bahkan saya sering nggak kebagian tempat duduk saking ramenya.

Berhubung pada 2010 lalu saya harus hijrah ke Jogja untuk melanjutkan sekolah, maka saya harus mencari lagi dimana mie ayam yang paling nikmat di Jogja. Beberapa warung mie ayam sudah pernah saya coba, tapi malah rasanya aneh dan biasa banget. Sampai suatu hari, saya diajak ke suatu warung mie ayam di daerah Sagan (jalan samping Galeria Mall) dan saat itu juga saya menetapkan bahwa mie ayam ini adalah mie ayam ter-enak se-Jogja! Warung mie ayam ini terletak di pinggir jalan raya, di seberang Pancake Company. Kalau dari arah utara, berada di sebelah kiri jalan. Tempatnya enak, Ibu penjualnya juga ramah dan penyajiannya secepat kilat.


Mie ayam ini adalah mie ayam yamien, mie disajikan terpisah dengan kuahnya. Yang saya suka dari mie ayam ini adalah rasa kuahnya yang 'chinese' abis. Kayaknya di tambahkan saus-saus yang sering di gunakan di rumah makan seafood. Raja rasa, mungkin? Atau Kecap inggris? Atau lainnya? Saya nggak tau. Rasanya agak asin dan khas banget. Trus pangsit gorengnya juga enak! Renyah, rasanya juga agak asin, soalnya di kasih irisan ikan asin. Nah kalo menurut saya, mie ayam itu nggak akan enak tanpa pangsit goreng yang enak dan juga dengan jumlah yang banyak. Yang saya suka, disini mie ayamnya di jual perporsi juga. Enak banget, kalo kurang tinggal tambah tambah dan tambah. Soalnya kan ada beberapa warung mie ayam yang pangsitnya nggak boleh nambah *curang* hahaha


Oya, tak kenal maka tak sayang, mari berkenalan dengan Mie Ayam Jakarta Pak Thoyonk! Mie ayam ini di sajikan kering alias nggak berkuah. Kuahnya di sajikan terpisah dengan mie. Sebelum di sajikan, mie di rebus sebentar (seperti mie ayam pada umumnya lah ya), setelah itu di kocok atau di aduk dengan bumbu rahasia yang membuat mie memiliki rasa yang khas. Tekstur mienya lembut dan tipis, kayaknya sih bikin sendiri. Untuk menunya, mie ayam di sajikan dengan berbagai pilihan. Ada Yammie Pangsit Kuah, Yammie Ayam, Yammie Bakso dan lain sebagainya. Pilihannya tergantung selera, mau yang lengkap atau yang sederhana aja.



Selain mie ayam, juga di jual menu mie goreng, nasi gulai dan nasi goreng. Rasanya? Beda! Tetap konsisten dengan rasa chinesefood, kayaknya nasi goreng ini di masak dengan tambahan kecap inggris, raja rasa, dan kecap manis. Kalau menurut saya, nasi goreng ini enak di santap dengan pangsit gorengnya! 



Alamat : Jl. Prof. Herman Yohannes No. 43 (kurang lebih 400m dari Galeria Mall)
Rate harga : Rp. 1.000 - Rp. 10.500 (terhitung tangal 07/08/14)
Jam buka : 17.00-24.00



You Might Also Like

10 komentar

  1. Nice posting ra, keren. Jadi laper.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks dod :))) nulis ini aku malah kepengen mie ayam Jakarta di Sampit :|

      Delete
  2. Ini tempat yang kalau pagi jualannya soto, siangnya jadi usaha pigura, dan malem jualan mie ayam itu ya? Hehehe. Yang punya ini usaha saya akui sangat gigih dalam mencari rejeki.

    Kalau menurut saya mie ayam yang enak itu yang disebrangnya, mie ayam Syarifah. Tapi ya bukanya hanya pagi sampai siang sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. wah saya belum coba mie ayam Syarifah. Makasih ya infonya.

      Delete
  3. Waah, saya aseli Jogja malah belom pernah nyobain nih *kemmane aje maak?* hihihi
    Makasih artikelnya mba, saya cateet nih..tar pulkam harus nyobain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, iya mbak, terimakasih ya sudah mampir ke sini :)) monggo di cobain :)

      Delete
  4. Makasih untuk ulasan mie ayamnya...
    Saya dari Greenpack ingin mengenalkan produk Kemasan Makanan kami yang cocok untuk segala jenis makanan. Jika ingin memesan silahkan kunjungi web Greenpack.

    ReplyDelete
  5. sepertinya wajib nyoba nih kalo ke jogja hihi

    ReplyDelete
  6. mie ayam tumini juga enak :3 emang beda tipe sih sama mie ayamnya pak thoyonk . kalo aku nyebutnya mie tumini itu tipe mie ayam kampung kalo pak toyonk mie ayam kota wkwk

    ReplyDelete