Warung Mie Lethek Bantul mBah Mendes

Ada yang tau apa itu mie lethek  ? Mie lethek adalah mie istimewa khas negeri Bantul. Negeri? Ya maksud saya kota Bantul. Bantul merupakan ...

Ada yang tau apa itu mie lethek ? Mie lethek adalah mie istimewa khas negeri Bantul. Negeri? Ya maksud saya kota Bantul. Bantul merupakan bagian dari Provinsi DI. Yogyakarta. Sebelumnya saya sudah pernah menuliskan resep mie lethek untuk saya ikutkan challange 11 di Indonesian Food Blogger. Postingan saya yang lama, saya memasaknya sendiri. Tapi kali ini, saya menikmati langsung masakan mie lethek ala Bantul.

Warung Mie Lethek mBah Mendes ini sudah terkenal banget. Mulanya, warung makan ini terletak di Sorobayan, Gadingsari, Sanden, Bantul. Tapi karena banyaknya peminat, akhirnya mBah Mendes melakukan ekspansi di daerah utara DI Yogyakarta, tepatnya di Ring Road Utara Maguwoharjo (Utara Lotte Mart). Tempatnya mudah banget di temukan, jika dari UPN Veteran Yogyakarta, cukup mengendarai kendaraan menuju arah timur. Sebelum tikungan Lotte Mart, terpampang papan nama dengan ukuran yang sangat besar.

Kalau mau tau lebih banyak, bisa berkunjung ke http://mielethek.blogspot.com/. Wah, mie lethek juga ada websitenya ya, udah go internesyenel nih, hihihi. Di warung ini, ada berbagai macam menu yang di tawarkan. Adapun varian mie lethek yang di tawarkan adalah mie godog, mie goreng, plencing godog, dan plencing goreng. Godog itu artinya rebus (dalam bahasa jawa). Katanya, plencing itu maksudnya mie yang di masak pedas. Karena saya pecinta pedas, jadi saya pesan plencing godog dan mie goreng untuk mas Nanda

Bagi saya, plencing godognya nggak terlalu pedas, bahkan nggak berasa. Jadi saya tambahkan dengan mengigit cabe hijau supaya rasanya lebih maknyos. Untuk rasanya, rasanya sangat khas sekali. Kuahnya segar dan enak. Sepertinya bumbunya hanya bawang putih dan tambahan bumbu rahasia. Plencing godog di masak dengan campuran telur, wortel dan tahu. 



Untuk mie goreng, rasa yang kuat adalah rasa bawang putih yang di tumis dengan telur. Seperti yang saya bilang, rasa khas mie letheknya muncul.


Makanan khas Jogja, bukan cuma gudeg, lainnya ada bakmie jawa. Nah, mie lethek adalah bakmie jawa ala Bantul. Belum pernah nyobain bakmie jawa? Wah, kuliner kamu kurang lengkap! Bakmie jawa juga menjadi bagian dari kuliner Yogyakarta yang harus kamu cicipi. Bagi yang belum tahu, bakmie jawa ini sudah seperti Indomaret, ada di mana-mana hahaha. Rasanya khas dan enaaak! Wajib coba ya guys....



Alamat :
1. Sorobayan, Gadingsari, Sanden, Bantul
2. Jl. Ring Road Utara Maguwoharjo, Caturtunggal, Depok, Sleman
    (Utara Lotte Mart) Telp. 0274-4477944
Website: http://mielethek.blogspot.com/
Rate harga : Rp. 4.000 - Rp. 20.000,-
Jam Buka : 17.00 - 22.00


You Might Also Like

11 komentar

  1. wih enak banget, apa mie lethek itu sama dengan bakamie jawa????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mie lethek itu bagian dari bakmie jawa, cuman bedanya dgn bakmie jawa yg lain ada pd mie nya. dari bahan dan prosesnya, Mie ini terbuat dari gaplek atau singkong. pengerjaannya sangat tradisional, dibuat masih dengan alat tradisional yang menggunakan tenaga sapi untuk memutar alatnya. atau untuk lebih jelasnya bisa masuk ke website mie lethek yangs saya sertakan di atas mbak :)

      Delete
  2. Deket kosan tapi malah belom pernah nyoba -__-" poor me

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya ya, rumahmu kan di ring road ya la. coba aja la, untuk referensi kuliner. bosan juga kali ke jogja makan gudeg mulu :)))

      Delete
  3. wah, beberapa kali ke Jogja belom pernah nyobain ini. Tapi udah sering baca reviewnya. Katanya sedep bener ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak kok mbak, kalo main ke Jogja lagi, jangan lupa di coba loh :)))

      Delete
  4. Woi...thanks telah mengupas mi lethek. Kami perlu tambahkan bahwa plencing adalah mi yang kita masak manis pedas. Nah ukuran pedasnya bisa sedang, atau pedas banget hehehehe.... Adapun Mendes asal mulanya adalah nama panggilan mesra eyang kami karena kenes tapi galak, untuk masa kini Mendes kita singkat menjadi Memang nDeso.....silahkan mampir lagi dan salam mi lethek...

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. owalah..mendes itu singkatan memang ndeso. sip2

      Delete
    2. owalah..mendes itu singkatan memang ndeso. sip2

      Delete
  6. Kog pas mrene orak ono satene ya. Jane enak nek enek sate ayan dibakar mak nyos....

    ReplyDelete