Resep Kue Cubit Setengah Mateng

Entah kenapa di tahun 2014 lalu, kue cubit mulai naik daun ( dan rebutan sama ulat bulu untuk mencapai pucuk. puc...




























Entah kenapa di tahun 2014 lalu, kue cubit mulai naik daun (dan rebutan sama ulat bulu untuk mencapai pucuk. pucuk pucuk pucuk...). Seantero Nusantara mulai menggandrungi kue tradisional ini, nggak heran kalo muncul penjual kue cubit dadakan. Di Jogja, penjual kue cubit yang banyak di gandrungi oleh anak gawls adalah Warung Tenda Bang Ido. Lokasinya persis di samping GSP UGM, sebelahan sama Spesial Sambal warung tenda. Pembelinya? Jangan ditanya, membludak setiap harinya. Bahkan sekarang Warung Tenda Bang Ido juga buka cabang di Jalan Raya Seturan, sebelah utara Denaro Pizza.



Nah karna kalo jajan kue ini musti ngantri panjang, jadilah saya coba-coba bikin kue cubit di kosan bareng Bela. Resep originalnya sih gampang :
Kue Cubit Setengah Mateng, Topping Silverqueen dan Keju

3 butir telur utuh
100 gr gula pasir
100 gr margarin
1 sdm vanilla/susu bubuk
1/2sdt baking powder
NB : bisa ditambah 1/2sdm green tea

Caranya, campur bahan bubuk jadi satu. Pisahkan. Campur telur dan gula jadi satu, kocok sampe menyatu dan tak terpisahkan oleh waktu *dikeplak*. Setelah itu campurkan bahan dengan tepung, tambahkan margarin.

Panaskan loyang, kalau panas sudah merata, kecilkan api sampe kecil banget, supaya kuenya nggak gosong diluar mentah didalem. Masukkan adonan ke dalam loyang. Tunggu beberapa saat hingga adonan bawahnya mulai matang dan atasnya masih agak basah, barulah angkat.

 
 Kalau saya sih senengnya masak sendiri daripada beli diluar. Bahannya jelas dan bersih, hehe. Selamat menikmati kue genit *cubit cubit*.



post signature

You Might Also Like

2 komentar

  1. wuihh, enak nih.blog yang keren mas :)

    *keepwriting*

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah, sayangnya yang nulis mbak mbak, bukan mas mas :D

      Delete