Bumbu Tempe Paling Wenak !

is it just me or you also which is loved fried tempeh with onion and turmeric as the spices?  Di negara tropis kaya Indonesia, kedel...

is it just me or you also which is loved fried tempeh with onion and turmeric as the spices? 



Di negara tropis kaya Indonesia, kedelai udah bukan barang yang langka kali yah. Kita bisa dengan mudah menemukannya. Bahkan udah banyak makanan olahan yang merupakan pengembangan dari kedelai. Banyak makanan yang berbahan dasar kedelai. Salah satunya, tempe. Hayo, siapa orang yang nggak suka tempe deh? Sini adek cubit pipinya. Makanan enak begini kok ya sampe nggak ada yang suka loh.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kemajuan jaman, arus informasi mengalir begitu deras. Salah satu topik yang selalu hangat untuk diketahui adalah tentang kuliner. Kita bisa mengetahui banyak informasi tentang varian kuliner diluar sana. Nah hal itu tuh yang buat kebnyakan dari kita latah buat nyobain makanan dari negara lain. Banyak dari kita pun akhirnya mengidolakan makanan khas negara Barat. Kemudian seakan menganggap makanan Barat itu lebih enak dari makanan Indonesia. (tolong-koreksi-yah-kalo-saya-salah?)

Hey hey hey.....

Udah berapa kota yang kamu kunjungi? 

For me, Indonesian Culinary is better than Western. Yang jelas sih, makanan kita banyak cita rasa dan bumbunya lebih nendang di lidah. Sementara masakan barat bumbunya lebih sederhana dan hanya unggul karna butuh waktu yang relatif singkat untuk memasak. Indonesia.... yaa you know, masak daging pun kita butuh berjam-jam (baca: rendang). 

Seenak-enaknya keju meleleh di atas pizza, seenak-enaknya keju setumpuk di dalam lasagna dan senikmat-nikmatnya mascaporne dalam tiramisu, masih lebih enak menjilat-jilat selai kacang sisa makan gado-gado atau cocol sambel pete sama tempe goreng.

Balik lagi ngomongin tempe, dari sekian banyak varian masakan tempe, jujur, aku lebih suka tempe yang dibumbui bawang putih dan kencur yang dihaluskan. Rasanya itu otentik bangeet. Tradisionil gitu loh.


Menurut ku, bumbu tempe yang paling wenak itu ya cukup haluskan bawang putih, kencur dan ketumbar. Tambahkan air dan garam secukupnya. Rendam kurang lebih 15 menit, terus goreng deh. Yumm...  

Kalau kamu, sukanya tempe dimasak apa, gaes?  

You Might Also Like

0 komentar