Sambal Rembang & Terong Bebanam

Ada yang udah familiar dengan sambal rembang? Atau terong bebanam? Buah Rembang Terong bebanam (Bahasa Banjar) merupakan terong y...


Ada yang udah familiar dengan sambal rembang? Atau terong bebanam?

Buah Rembang
Terong bebanam (Bahasa Banjar) merupakan terong yang di bakar diatas bara api. Rasanya? Rasanya manis khas dari terong dan sedikit aksen bebakaran. Sementara sambal rembang adalah sambal yang dimasak dengan tomat asam (rembang). Katanya sih, rembang itu Bahasa Banjar. Tapi kalo di-Bahasa-Indonesia-kan adalah tomat asam.

Terong bebanam ini konon katanya salah satu makanan khas suku Dayak Kalimantan Tengah. Begitu pula sambal rembang. Terong hanya cukup di bakar diatas bara api hingga kulit luarnya matang atau agak kehitaman, yang artinya terong sudah matang. Kemudian, setelah matang, kulit luar tersebut dikelupas (soalnya pahit kalo dimakan #yaiyalah *dikeplak*).

Terong Bebanam dan Ikan Asin Sepat
Sambal rembang juga salah satu makaman favorite suku Dayak. Bawang merah, lombok, terasi, garam dan gula di haluskan, sisihkan. Kemudian, kelupas kulit buah rembang. Potong-potong dan buang bijinya. Tumis buah rembang dengan sedikit minyak, tambahkan sedikit air. Masak hingga setengah matang. Kemudian tumis bawang merah dan kawan kawan dengan sedikit minyak hingga berbau harum dan tambahkan buah rembang. Masak hingga seluruh rasa bercampur.


Sambal Rembang

Enaknya, kedua makanan tadi dimakan sama apa ya? Jawabnya, dengan daun Jawau alias daun singkong direbus dan ikan asin sepat goreng. Wenaaaak looh...



Bisa dibilang makanan ini adalah makanan khas Kalimantan Tengah. Sama halnya jika di Jogja ada bakmi Jawa, di Kalimantan Tengah, salah satunya ada sambal rembang dan terong bebanam.

If you visit Indonesia and you go to Central Borneo, you have to taste Terong Bebanam (Grilled Eggplant) and Sambal Rembang (Sour Eggplant Sauce). Those are one of traditional food of Dayaknese peoples. Tasted and loved it!

Sumber : Ibu Farida

post signature

You Might Also Like

0 komentar