Kabut Asap? No Worry, Tetap Makan Siang Enak!

Apa yang saya lakukan kalau musim asap sedang terjadi? Kalo saya bilang, Sampit itu mengalami 3 musim, yaitu ; musim hujan, musim panas...

Apa yang saya lakukan kalau musim asap sedang terjadi?

Kalo saya bilang, Sampit itu mengalami 3 musim, yaitu ; musim hujan, musim panas dan musim asap. Musim asap? Asap apa? Asap hasil dari pembakaran (terbakarnya) lahan atau hutan.

Sampit adalah kota yang tanahnya merupakan tanah gambut atau tanah akar. Sehingga sangat sensitif sekali kaya test pack dengan api. Api kecil kaya puntung rokok aja bisa ngidupin api loh. Api asmara.

Terkait dengan berita asap yang ada di Kalimantan Tengah, Sampit khususnya. Sebenernya kita nggak bisa menyalahkan salah satu pihak aja. Banyak faktor yang melatarbelakangi munculnya asap. Tidak hanyar karna pemerintah yang lalai atau enggan campur tangan, oknum atau perusahaan sawit yang seringkali dituding melakukan pembakaran lahan. Lahan yang terbakar bukan hanya terjadi satu tahun atau dua tahun belakangan, tapi udah dari dahulu kala. Mulai dari saya lahir di kota ini, musibah asap selalu ada setiap tahunnya di musim kemarau. Bahkan jaman dulu itu lebih parah loh kabut asapnya. Sampe-sampe temen saya ada yang nabrak truk. Padahal truknya diem dong -..- Maka tindakan mengutuki pemerintahan kini tidaklah tepat.

Jauh sebelum adanya perusahaan sawit, pembakaran lahan seringkali dilakukan. Oleh siapa? Oleh masyarakat adat setempat. Sudah menjadi kebiasaan bahwa masyarakat setempat seringkali membersihkan lahan dengan cara dibakar. Karena masyarakat menilai hal tersebt paling efektif dilakukan. Tidak membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak untuk membuka lahan. Biasanya lahan tersebut digunakan untuk berkebun, antara lain : pohon karet, pepaya dan lainnya. Kedua, pemerintah dituding lamban dalam menghadapi kasus asap yang kian parah. Namun pada kenyataannya, dilapangan, satpol pp dan dinas terkait seringkali melakukan razia dan penjagaan dibeberapa daerah rawan kebakaran. Menurut saya, tindakan inilah yang paling tepat kini untuk mencegah penebalan asap.

Ketiga, kebakaran lahan dan asap tidak pula disebabkan oleh kedua hal tersebut. Tetapi bisa juga terjadi karena puntung rokok yang dibuang sembarangan. Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, tanah gambut adalah tanah akar. Jadi mudah sekali terbakar. Makanya, berhentilah merokok. Selain merusak tubuh, juga dapat menyebabkan kebakaran dan meningkatkan penebalan asap. #ehaaaakk. Adapun yang bisa saya sampaikan, harusnya masyarakat diberikan sosialisasi terkait dampak dari pembakaran lahan, peninjauan berkelanjutan dan beberapa usulan Bapak Presiden yang sudah disampaikan segera dilakukan.

Baiklah saudara saudara setanah air, sudah cukup saya ngelantur kali ini karena topik yang nggak sesuai. Teman-teman bukan sedang membaca artikel berita atau kicauan agen politik, tenang aja. Jangan kabur dulu. *senderan* *lah centil*

Asap yang kian menebal setiap harinya, bikin mata perih dan bau badan, bikin saya males keluar kantor. Kalo makan diluar, takut makanannya terkontaminasi sama abu pembakaran hutan. Kalau abu itu masuk kedalam tubuh, bisa memicu penyakit paru-paru loh. So here we go...


Pop Mie Rasa ayam, Bon Cabe dan Garuda Atom Pedas. Ide makan siang ini melesat begitu aja saat saya lagi nganggur plonga plongo nunggu costumer. Kuah kari ayamnya yang kental, bumbunya yang nendang, hangat ditambah dengan bubuk boncabe pedas huh hah huh hah dan bunhi kriuk kacang atom pedas diantara gigi. Endeeeesss bambang gulindang... Biasanya saya tambahkan pentol juga. Biar kenyangnya awet sampe sebulan hehehe.


Ini makan siang ku, mana makan siang mu? #makansiangtanpaasap

You Might Also Like

0 komentar