Sayur Kelakai?

Sayur Kelakai Sumber : Tokopedia Kelakai ( Stenochlaena Palustris ) adalah tumbuhan paku, tanaman sejenis ganggang yang tumbuh di rawa...

Sayur Kelakai
Sumber : Tokopedia
Kelakai (Stenochlaena Palustris) adalah tumbuhan paku, tanaman sejenis ganggang yang tumbuh di rawa-rawa. Kelakai banyak ditemukan di daerah Kalimantan, tepatnya di hutan hujan tropis. (Bukan, bukan, kamu bukan sedang membaca Wikipedia atau semacam situs resmi tentang flora, ini bener kok, situs abal-abal, cuman bahasanya aja yang entah lagi kerasukan professor siapa gitu. Yaudahlah lanjut aja). Konon katanya kelakai ini cuma ditemukan di Kalimantan. Pun, ketika di Jawa, saya nggak pernah nemu yang namanya Kelakai. Sewaktu di Jogja pun, saya udah ngubek-ngubek pasar di daerah Sleman, nggak juga saya temuin sayur Kelakai ini.

Bisa dibilang, kelakai salah satu makanan khas Suku Dayak. Kenapa? Sayur kelakai ini unik. Hanya tumbuh di hutan hujan tropis di Kalimantan (sejauh ini, setau saya hanya Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan). 

Tanaman Paku
Sumber : Mayblue
Di Jogja, saya pernah menemukan daun kelakai (yang saya pikir beneran daun kelakai). Eh rupanya cuman batang kelakai. Ya pantes deh kalo keras, biasanya disebut tanaman paku. 


Sementara kelakai ini adalah daun muda atau batang muda. Sehingga teksturnya lebih lembut dan renyah. Daun kelakai dipercaya bisa mengatasi anemia hingga membuat awet muda *nahloh percaya nggak*


Biasanya cara memasak sayur kelakai ini dengan cara ditumis. Bumbunya cuma bawang merah dan bawang putih yang dipotong cincang, irisan lombok, gula dan garam serta sedikit minyak.

Sayur kelakai ini salah satu makanan rumahan yang pastinya dirindukan oleh anak-Kalimantan yang merantau ke pulau lain. Kenapa? Karena di pulau lain nggak ada satupun yang jual sayur kelakai atau bahkan ditumbuhi-kelakai *ya begitulah bahasanya*

Oleh karena itu, menurut saya, segalau-galaunya orang Jawa yang merantau ke Kalimantan, masih galau orang Kalimantan yang merantau ke pulau Jawa. Soalnya, banyak makanan khas Kalimantan yang amat sangat susah di jumpai di Pulau Jawa. Sebaliknya, di Kalimantan justru banyak sekali makanan khas Pulau Jawa yang juga di jual di Kalimantan *bukan rasis, ini curhat, hiks* 

Balik lagi kenapa sayur kelakai dirindukan? Karena sayur kelakai merupakan salah satu masakan rumahan favorit masyarakat Kalimantan Tengah (Sampit, khususnya. Iya Sampit, saya belum pernah survey di daerah lain *cie gitu survey*). Sama halnya kaya sayur lodeh atau gudeg yang juga masakan rumahan yang lazim dimasak oleh Ibu.

Nah, coba deh tanya temennya yang berasal dari Kalimantan Tengah, gimana rasanya makan tumis sayur kelakai dengan ikan seluang goreng kering? Takon o, nek dek e rak kangen omah, yo dudu wong Kalimantan sejati jenenge *lah kok malah bahasa Jawa*

You Might Also Like

0 komentar