Save Your Future, Pentingnya Menabung

Banyak alasan kenpa kita saya  harus menabung. Menyisihkan sebagian dari pendapatan untuk disimpan. Nggak sedikit juga yang menolak unt...


Banyak alasan kenpa kita saya  harus menabung. Menyisihkan sebagian dari pendapatan untuk disimpan. Nggak sedikit juga yang menolak untuk menabung dengan alasan; 
"Gaji aja udah dikit gimana mau nabung 
Ngapain nabung kan gaji sebulan cukup untuk membiayai hidup 
Masih muda ngapain nabung? Hidup itu dinikmati dong"
Banyak alasan untuk nggak menabung, banyak pula alasan untuk menabung. Yuk disimak alasan saya kenapa harus menabung bahkan diusia yang masih sangat muda;

1. Emergency funds
Karena kita nggak pernah tau apa yang akan terjadi dihari esok, nggak ada salahnya menyiapkan payung sebelum hujan. Emergency funds artinya dana untuk hal-hal yang mendadak dan darurat, misalnya; kebutuhan untuk biaya perawatan (maksudnya perawatan jatuh sakit ya, bukan perawatan tubuh apalagi wajah) atau tiba-tiba sanak saudara membutuhkan banyak uang. Namanya emergency pasti sesuatu yang sebelunya nggak terduga sama sekali. Biasanya kejadian kaya gini nih yang menguras keuangan. Oleh karena itu, saya mulai mendisiplinkan diri untuk menabung. Karena kalo bukan saya, siapa lagi? Kalo bukan sekarang, kapan lagi? #HEYAK.

2. Terjadi Hal Buruk/Musibah
Mungkin yang bisa dikategorikan dalam keadaan buruk yang saya maksud misalnya; saya adalah seorang pegawai, tiba-tiba saya harus kehilangan pekerjaan atau terkena bencana dan membuat saya nggak bisa menghasilkan uang lagi. Disinilah uang itu berguna, menjadi penampung keuangan sementara waktu. Sedih ya, tapi semoga aja nggak pernah terjadi deh.

3. Kebutuhan Untuk Down Payment Rumah (KPR)
Sebagai seorang wanita dewasa yang rasa keinginannya masih tinggi, saya tentu sangat senang jika menabung untuk membeli rumah. Sebuah pencapaian yang luar biasa jika saya bisa membeli rumah. Menabung untuk membeli rumah bukanlah hal yang bisa ditolak, karena nggak ada salahnya kita membeli rumah untuk tempat kita tinggal bersama keluarga kecil kelak #asik. Daripada kita harus mengontrak rumah yang mana biaya kontrak setara dengan biaya cicilan rumah. Emang mau, tinggal dirumah orang mulu?

3. Liburan Mewah
Siapa yang nggak mau liburan mewah? Siapa yang nggak pengen liburan di Maldives? Tidur di resort mewah diatas Samudera Hindia? Liburan ke Eropa? Atau menikmati musim gugur di Jepang? Ada yang menolak? Sini dijitak dulu. Pengen nggak sih sekali-kali dalam hidup kita mengambil cuti dan menikmati rasanya surga dunia yang sebenarnya. Menginap dihotel berbintang atau menikmati indahnya negara lain walau dalam sekejap? Aduuh... Ayok nabung dulu mak!

4.Investasi
"Bukan menabung untuk investasi, tapi menabunglah untuk menciptakan investasi"
Menabunglah untuk memulai usaha lainnya atau menabunglah untuk membuat investasi lainnya karena yang namanya investasi sunggah nggak ada yang merugikan kalau bisa dijalankan dengan benar. Iya nggak? Tapi, disinilah masalah saya, mau mulai darimana ya? Ada yang punya masukan? Boleh loh share di kolom komentar dibawah ya.

5. Financial freedom
"Financial freedom tentunya nggak datang hanya karena kita menabung, tapi dengan menabung bisa membuka jalan kita menuju financial freedom"
Dengan menabung, kita bisa membuat bisnis lainnya sehingga menambah aset dan investasi. Secara teori, jika aset dan investasi bisa kita maksimalkan maka financial freedom bisa kita dapatkan. 
Apasih financial freedom itu?
Rasa bebas, jauh dari tekanan dan hidup memiliki banyak pilihan. Nggak ada lagi takut dimarahin atasan, takut nggak bisa menghasilkan uang dan takut nggak mencapai target. Financial freedom adalah kebebasan, bebas mau milih jalan-jalan atau dirumah aja, bebas mau milih kerja atau enggak hari ini, asoy... Asik nggak tuh. Financial freedom, dimana kita punya uang nggak cuman buat menabung tapi bisa untuk memberikan banyak pilihan. 

Jadi, masih mau boros atau memilih untuk menabung?
post signature

You Might Also Like

3 komentar

  1. beneran nabung penting banget.. wajib nabung terus sisanya buat belanja.. bukan sisa belanja buat nabung ya..

    ReplyDelete
  2. prospek meme nih :) tapi, oke oke kena aku nabung.

    ReplyDelete