Count Down To Christmas: Nggak Mau Natalmu Berantakan? Coba Checklist Ini

Nggak kerasa sudah berada di penghujung tahun. Bulan Desember di tahun 2016 ini adalah bulan tersibuk. Karena pekerjaan dikejar target seme...

Nggak kerasa sudah berada di penghujung tahun. Bulan Desember di tahun 2016 ini adalah bulan tersibuk. Karena pekerjaan dikejar target sementara hari kerja banyak terpotong oleh hari libur. Bagi marketing (saya bukan marketing, anyway), bulan ini adalah bulan pendek karena mereka dikejar banyak alasan; orang-orang pada liburan, hari kerja banyak terpotong, sementara target menggulung, antara target bulanan dan tahunan. Di kantor saya sih lagi kenceng teriak "Core CASA Core CASA". Alamak... 

Pikiran udah nggak konsen, antara mikirin kerjaan, liburan dan perayaan Natal. Biasanya keluarga saya selalu heboh menyambut hari Natal. Banyaknya kesibukan kadang membuat kita gelabakan, jadi ketika hari H banyak yang terlewat. Duh nggak mau deh rencana Natal jadi berantakan cuma gara-gara kita lupa beberapa hal. Berikut saya bikin checklist untuk mengingatkan apa aja sih yang harus saya lakukan, singkatnya sih begini :

Karena ini masih awal bulan Desember, nggak ada salahnya dong kita mulai mencicil apa aja yang harus kita lakukan dalam menyambut Hari Raya Natal. Secara generalnya sih mungkin begini yah;

Clean your house (entrance, bathroom, toilet, kitchen)

http://decodeco.con-ip.com/christmas-outdoor-decor.html
Diambil dari : Deco

Singkatnya sih, bersih-bersih rumah! Biasanya, di Indonesia, hampir semua umat Kristiani selalu membersihkan rumah untuk menyambut Hari Raya Natal. Bukan karena kewajiban kali yah, cuman umumnya karena rumah akan dikunjungi oleh banyak orang. Alangkah baiknya rumah disiapkan untuk para tamu supaya tamu merasa nyaman dirumah kita (bener nggak nih mak?).

Saran saya, mulailah membersihkan taman depan, supaya ketika memasuki pekarangan, rumah terlihat bersih dan rapi supaya memberikan kesan hangat bagi para tamu. Masa baru masuk pekarangan udah di sambut dengan tumpukan sampah, 'kan nggak mungkin  yah? Yuk mulai bersihkan halaman, potong rumput yang mulai tinggi, buang semua sampah dan barang-barang yang udah nggak kepake. Biasanya sih, yang mengganggu penglihatan di area pekarangan adalah tumpukan sandal dan sepatu (antara yang udah nggak kepake dan abis dipake tapi ditaruh sembarangan). Ini nih yang harus dimusnahkan dan ditata kembali, hihihi.

Jangan lupa membersihkan toilet, karena biasanya kan ada tuh tamu yang kebelet pipis atau bahkan pup. Baiknya, kita membersihkan toilet sebersih-bersihnya. Masa sih mau memberikan kesan nggak nyaman sama tamu? Mau gitu dikatain, ih si Bunga ini cantik tapi jorok, masa toiletnya kotor? Nggak mau kan? Yuk mulai sikat toiletnya, bersihkan menggunakan Vixal (biar kinclong) dan jangan lupa periksa saluran pembuangan. Jangan sampai keluarga atau rekan kerja yang bertandang ke rumah kita kesulitan BAB, hihihi.

Barangkali bakal ada satu atau dua tamu yang bakal iseng ke dapur untuk membantu kita menyiapkan hidangan. Jangan sampai dong yah dapur kita kelihatan berantakan dan kotor, apalagi masih menyimpan bahan makanan yang kadaluwarsa. Aduh jangan yah, yuk bersihkan dapur dari segala hama membandel. Mulailah bersihkan dapur dari area kompor, rak penyimpan makanan, kitchen sink, spon cuci piring hingga rak piring. Jangan lupa juga ya buah semua bahan makanan yang udah nggak dipake lagi atau kadaluarwa. Kelihatan banget sih mak joroknya, hihihi.

Plan your menu

Ada baiknya kita mempersiapkan apa aja menu yang akan dihidangkan untuk tamu. Mulai dari kue kering, kue basah hingga makanan berat. Cara ini mempermudah kita untuk stok bahan makanan dari jauh hari. Kenapa? Karena biasanya harga bahan makanan selalu naik mendekati Hari Raya Natal. 'Kan lumayan kalau kita dapat harga yang lebih murah, hemat cyin...

Misalnya nih, mau bikin sop Kimlo, dari jauh hari kita bisa stok Arcis, kembang tahu, susu dan lainnya. Jadi ketika mendekati hari H, kita nggak takut lagi kalau-kalau kehabisan barang di supermarket. 'Kan kita udah stok duluan dirumah. 

Atau perkara buat kue kering, biasanya kue kering nggak masalah kalau dibuat 2 atau 3 minggu sebelum hari H. Jadi bisa dong kita mulai nyicil  masak kue kering mulai dari sekarang. Misalnya nih, kastangel. Boleh nih diintip resep dari Mbak Diah Didi, resep Kastangel atau tips membuat kue keringnya.

http://www.diahdidi.com/2015/06/tips-dasar-membuat-kue-kering.html#.WEBEDtKLTIU
Dialmbil dari : Diah Didi


Perkara menu, satu hal yang jangan sampai kita lupakan adalah tableware. Kalau kamu berencana untuk open house, jangan lupa untuk mulai hunting atau keluarkan kembali tableware andalanmu untuk menyambut tamu. Mulailah dicicil dari sekarang, keluarkan dan bersihkan. Dipilih lagi nih mana yang masih layak untuk dikeluarkan dan udah nggak. Kalau udah nggak layak, beli baru lagi aja kan dapet THR #disontol.

Decorate Christmas Tree

Siapa sih yang nggak suka menghias pohon natal? Yuk mulai keluarkan pohon Natal jauh hari. Supaya kita bisa cek terlebih dahulu, udah siap belum nih pohon Natalnya. Kita juga bisa mempersiapkan bahan untuk dekorasi pohon Natal. Mulai deh hunting hiasan Natal mana nih yang lagi diskon, atau hiasan pohon Natal mana nih yang lagi hits. Serbuuu...

http://www.countryliving.com/home-design/decorating-ideas/tips/g1251/trim-christmas-trees-1208/
Diambil dari : Country Living


Christmas Song

Kenapa lagu-lagu Natal penting? Karena menurut saya, apa artinya Natal tanpa puji-pujian bersenandung di rumah? Yuk jangan lupa download lagu-lagu Natal terbaru untuk memeriahkan suasana Natal dirumah kita!



Duuuh... jadi nggak sabar menunggu hari Natal tiba nih! Setiap tahunnya selalu deg-degan menanti datangnya hari Natal. Bagi umat Kristiani, hari Natal bukan sebuah hari dimana hanya ada makanan sepanjang malam atau hari dimana kita menikmati diskon di seluruh mall melainkan sebuah hari dimana lahirnya Kristus Sang Juru Slamat, yang lahir ke dunia untuk menyelamatkan umatnya. Sungguh suka cita Natal selalu saya rindukan. Semoga Natal tahun ini membawa kegembiraan bagi kita semua, seperti halnya dahulu ketika Yesus lahir ke dunia. 

Tips :
Bagi yang sibuk kerja, mungkin bisa memanfaatkan jasa dekorasi (secara zaman sekarang sudah sungguh canggih, mau dinner doang aja udah ada yang menyediakan jasa dekor meja makan, yekan). Bisa loh kalian menggunakan jasa dekor atau party planner untuk membantu menyediakan makanan dan melakukan dekorasi rumah untuk menyambut para tamu. Lebih gampang kan...

You Might Also Like

0 komentar