Bubur Madura, Surabaya

Sopo sing gak eruh jenang rek? Salah satu makanan wajib dicoba kalau pergi ke Surabaya. Jenang (bubur) adalah makanan yang pasti suda...


Sopo sing gak eruh jenang rek?
Salah satu makanan wajib dicoba kalau pergi ke Surabaya. Jenang (bubur) adalah makanan yang pasti sudah pada tau yah? Tapi biasanya, jenis bubur di setiap daerah ini beda-beda. Salah satunya bubur Madura. Dari namanya aja udah ketahuan yah, asal daerah bubur ini. Iya bener, Madura!

Secara geografis, letak Pulau Madura sendiri berada dekat dengan Pulau Jawa. Jarak antara Surabaya ke Madura sendiri kurang lebih 37 KM saja, nggak heran kalau banyak warga Madura yang merantau ke Kota Surabaya.

Saya pribadi penggemar masakan Jawa, terlebih pada bubur. Di Surabaya banyak terdapat penjual bubur Madura. Salah satunya di Pasar Atom, tepatnya di selasar Bagian Timur Pasar Atom. Disepanjang selasar banyak yang menjual makanan Jawa/Madura. Bahkan untuk membeli bubur Madura saja, antriannya panjang banget mak.

Apa sih isinya?

Bubur Madura sendiri terdiri dari bubur manis dan gurih. Bubur gurihnya; bubur sumsum dan ketan hitam dan yang manis ada bubur mutiara, jenang grendul dan bubur sumsum gula merah. Bubur ini disajikan dengan dipincuk (ditaruh diatas daun pisang), seluruh bubur dicampur kemudian ditambahkan topping gula merah cair diatasnya.

Nah ini biasanya dibungkus pake daun pisang. Saya nggak tau ini kenapa pake kertas coklat, mungkin daunnya abis kali yah. Soalnya saya baru pergi kesana jam 14.00 WIB. Stok abis kali jeng...

Jenang Madura
Bubur Madura

Rasanya?


Rasan buburya manis dan gurih, kedua rasa tersebut berbaur didalam lidah. Buburnya lembut dan khas sekali. Makanan lokal yang wajib sekali dicoba.

Harganya berapa?

Harganya murah banget kok, cuma Rp. 9.000 aja. Murah'kan?
Pasar Atom (<--- click!)
Jl. Bunguran Nomor 45, Pabean, Surabaya 

You Might Also Like

0 komentar