Hakata Ikkousha, Surabaya

Sudah lama banget saya jatuh cinta sama ramen dari Hakata Ikkousha. Pertama kali makan di Jogja, saya sudah jatuh sejatuh-jatuhnya pada...


Sudah lama banget saya jatuh cinta sama ramen dari Hakata Ikkousha. Pertama kali makan di Jogja, saya sudah jatuh sejatuh-jatuhnya pada ramen ini. Bukan cuma saya aja, bahkan Bela pun sampai sekarang ikutan tergila-gila sama ini. Demi apapun, ini enak banget!

Entah, saya belum pernah merasakan ramen 'asli' dari Jepang. Entah ini ramen hasil akulturasi atau rasanya udah se-asli-asli-nya ramen Jepang, tapi saya suka banget sama Hakata Ikkousha. Setiap pergi ke kota, tempat makan utama yang saya cari adalah Hakata Ikkousha. Biar lebih greget wisata kuliner di Surabaya, saya memilih untuk kembali menguntungi Hakata Ikkoiusha. Kebetulan lokasinya dekat dengan Tunjungan Plaza, jadilah saya langsung meluncur.

Lokasi

Ada 2 outlet milik Hakata Ikkousha di Surabaya, ada yang di Jalan Manyar Kertoarjo dan Grandcity Mall Surabaya. Saya memilih untuk mengunjungi outletnya yang di Jalan Manyar Kertoarjo, lokasinya berada disamping Gramedia.


Lokasinya mudah sekali dijangkau karena terletak dipinggir jalan besar. Tempat parkir cukup luas, bisa untuk 6-8 mobil. Untuk ruangan pun sangat besar dan lengang. Kalo makan rame-rame nih cocok banget kesini.

Boleh memandang keluah dulu cin
Pelayanannya terorganisir, bagus dan cepat. Pembayaran pun bisa dilakukan baik cash maupun debit. Nggak usah takut kekurangan uang untuk bayar, kamu bisa gesek kok disini. Kecuali direkening pun nggak ada uangnya yah, nobody can helps you, hahaha.

Menu dan Rasa

Noted bagi yang muslim, di outlet Hakata yang di Manyar ini, menyediakan menu Non-Halal, tapi kalau kamu mau nyobain yang halal, bisa di Grandcity Mall. Disana menu yang disediakan semuanya halal. 

Untuk perut yang sudah lapar sekali, saya memesan Ramen Babi Tam-tam, ekstra tauge dan es Milo. Untuk memberi kenikmatan yang lebih haqiqi, disini juga ada beberapa pilihan mie yang bisa dijadikan sebagai bahan dasar ramen. Karena saya memilih Ramen Babi Tam-tam, saya direkomendasikan untuk menggunakan mie kecil saja oleh si mbaknya. Katanya sih lebih cocok, cin.

Ramen Babi Tam-tam
Ada empat pilihan jenis mie, yaitu;
1. Mie kecil; cocok untuk ramen
2. Mie besar; cocok untuk celup
3. Mie besar Jepang; cocok untuk mie celup
4. Mie keriting; cocok untuk mie kare
Kalau kamu bingung ingin menggunakan mie jenis yang mana yaah? Kamu bisa tanya sama mbaknya. Pelayannya baik-baik kok dan bisa merekomendasikan menu apa yang cocok untuk dimakan sesuai dengan preferensi makanan kita.

Irisan daging babi
Pada Ramen Babi Tam-tam yang saya pesan, terdapat beberapa irisan daging babi dengan jumlah yang lumayan banyak. Saya kira daging babi hanya sebuah pemanis, yang hanya ditampilkan pada bagian atas saja. Ternyata dibagian dalam tumpukan mie juga terdapat irisan daging babi. Kuah tam-tam ini sedikit pedas, bagi yang kurang suka pedas, mungkin bisa pesan menu yang lain saja. Selain ramen, saya juga memesan Gyoza Babi Panggang. Enak. Kulit dan dagingnya lembut. Cocok banget deh sebagai pelengkap ramen. 

Gyoza Babi

Kenapa saya suka banget sama ramen Hakata Ikkousha?

1. Kuahnya kental. Demi apapun, kuah Hakata ini kental dan tasty.
2. Rasa kaldu dan bumbunya 'nendang abeeezzzz'. Kaldu dan bumbu berduet dengan baik dilidah. Rasanya enak sekali. Sungguh!
3. Porsi cukup besar. Iya, cukup besar untuk seukuran perut saya. Porsi lumayan dengan harga yang masih terjangkau, hau zhi ping ping ping!
4. Telur setengah matang. Disini, saya selalu disajikan telur dengan tingkat kematangan yang setengah matang, kuning telurnya masih merah, dan ketika dipadukan dengan kuahnya, nyeeessss.... surga dunia deh! 


Oya, jika kalian amat sangat suka bawang putih, kalian bisa menambahkan ekstra bawang putih loh. Disetiap meja disediakan condiment berupa bawang putih, bawang goreng, merica, minyak cabai, kecap asin dan cabai bubuk. Saya pribadi sangat suka menambahkan bawang putih disetiap masakan, sehingga ketika disediakan bawang putih, langsung aja saya 'geprek' bawang putih dan menambahkannya ke kuah ramen supaya lebih nikmat dan makjojros.


Kalau pergi ke kota, pengen nyobain ramen atau sedang kangen makan ramen, saya amat sangat merekomendasikan Hakata Ikkousha sebagai pilihan pertama untuk dinikmati.
Hakata Ikkousha (<--click!)
Jl. Manyar Kertoarjo No. 38, Manyar Sabrangan, Mulyorejo, Kota Surabaya
Jawa Timur
https://goo.gl/maps/ZzKnc4iNAoR2






You Might Also Like

0 komentar