Rahasia Dibalik Liburan Murah


Ada yang bilang,
Nggak papa liburan tipis-tipis, yang penting sering
Nggak papa sih liburan sering-sering, yang penting budgetnya mencukupi. Anak muda zaman sekarang atau yang lebih dikenal dengan millennials, dianggap Ibu Menteri Sri Mulyani kurang boros. Kurang jajan, nggak menghabiskan uangnya untuk belanja barang berpajak, kurang tertarik kredit motor atau ganti HP. Bener, generasi sekarang lebih senang menghabiskan uangnya untuk liburan daripada mengajukan kredit. Mereka percaya dengan quotes :
Get lost and find yourself

Jadi, millennials lebih ingin mencari jati diri dengan pergi ke suatu tempat yang jauh dan menemukan bagian terbaik dari dirinya, daripada hanya sekedar dirumah dan menaiki mobil mewah. Nggak tanggung-tanggung, liburan pun banyak yang ke luar negeri, karena harga tiket ke luar negeri terkadang jauh lebih murah daripada didalam negeri sendiri.

Untuk bisa pergi berlibur, sebenarnya nggak banyak uang yang harus dikeluarkan asal tau dimana muara pembelanjaan terbesar, yaitu; biaya penginapan dan transportasi.

1. Penginapan

Penginapan itu nggak terlalu penting menurut saya. Kita bisa tidur dimana aja, asal aman. Nggak perlu merasa keberatan tidur di hostel. Hostel sekarang designnya lucu-lucu, unik dan modern. Udah nggak kaya dulu, yang mungkin cuma sekedar bunkbed dan toilet alakadarnya.

Sebenarnya esensi dari liburan 'kan jalan-jalan, bukan tidur-tiduran, jadi harusnya biaya penginapan bisa kita tekan dengan memilih hostel atau hotel murah. Saat liburan, waktu banyak kita habiskan diluar kamar. Mulai dari pagi hingga malam, kita pasti mencoba menikmati kota yang dikunjungi. Untuk apa bayar hotel mahal kalau kita tinggalkan dia begitu saja? Ehm.


Untuk mendapatkan harga kamar yang murah, kita bisa mulai memesan jauh hari. Biasanya kalau mepet, harga kamar bisa melonjak tinggi, apalagi kalau jumlah kamar sudah mulai sedikit. Jadi, pesanlah hotel mulai dari jauh hari dan jangan ragu menginap di hostel. Biasakan memesan hotel melalui website JD Hotel, karena harga yang didapat sudah pasti murah dan banyak potongannya. Selain itu, pembayarannya juga bisa dicicil dengan bunga 0%. Biaya semakin murah, liburan pun semakin mudah.


2. Transportasi

Saya tinggal di Kalimantan, kebetulan transportasi yangs sering saya gunakan adalah pesawat. Masalahnya, harga tiket pesawat nggak pernah ada yang murah. Ya, ada sih ada, tapi jarang banget. Ini nih yang bikin saya agak cranky kalau harus pergi ke luar pulau, apalagi ke luar negeri. Harus dua kali naik pesawat, artinya sebagian besar budget liburan itu dialokasikan untuk biaya transportasi. 

Untuk transportasi, biasanya saya pake trik nih. Saya rela menggunakan transportasi murah meski memakan waktu yang lebih lama. Kalau mau hemat, harus ada yang dikorbakan 'kan? Supaya dapat tiket pesawat murah, saya selalu memantau harga melalui website JD.id atau JD Flight.


Penggunaan JD Flight ini gampang banget, cukup masukkan kota asal dan tujuan, serta pilih tanggal keberangkatan. Nanti bakal muncul banyak banget pilihan maskapai beserta harganya. Nah dari situ kita bisa mempertimbangkan, maskapai mana yang menawarkan harga paling murah! Melalui website ini, kita bisa mudah pesan tiket pesawat. Nggak perlu keluar rumah apalagi ngantri beli tiket.

Misalnya nih, saya pergi ke Singapura untuk liburan. Jauh-jauh hari pun saya sudah memantau harga melalui website ini. Dengan dengan begitu, saya bisa membandingkan maskapai mana yang menawarkan harga paling murah. Mulai dari maskapai dalam sampai luar negeri muncul loh di mesin pencarian.


JD Flight tuh jujur, kali. Kalau ada perubahan harga pada maskapai sebelum melakukan pembayaran, secara otomatis juga jumlah yang tertera dilayar akan berubah dan ada pemberitahuannya. Nah kalo kaya gini 'kan enak! Namanya rejeki datang tanpa diduga, jadi hemat Rp. 40.000,-!


Cara pembayarannya juga gampang banget, bisa bayar di Alfamart loh! Alternatif mudah yang bisa dilakukan oleh siapa aja 'kan?


Rahasia liburan murah lainnya adalah fitur cicilan! Iya, pembelian tiket pesawat bisa dicicil. Kalau misalnya uang lagi mepet atau pengen aja cashflow bagus, bisa pake kartu kredit kalian nih. Cicil disini! Uang jajan untuk liburan bisa makin banyak deh!
Beli tiket pesawat murah di JD.id atau JD Flight pasti aman sih, karena ada jaminan perlindungan dan pembayarannya dipastikan aman. Pun kalau ada kendala saat pembelian, CS siap merespon kita 24 jam. 
Yang terakhir nih, fitur lainnya yang sangat menguntungkan kita sebagai customer adalah PROMO. JD.id sering banget ngasih tiket promo atau diskon. Nominalnya juga nggak tanggung-tanggung, bisa sampai Rp. 500.000! WAAAAAA bikin semangat liburan nggak sih?

Udah harga tiket pesawat murah terus dapet promo lagi! Budget liburan bisa ditekan serendah-rendahnya deh! Biaya penginapan, aman. Tiket pesawat pun udah dapat murah, diskon pula! Akomodasi, aman. Case closed.

Kalau udah begini, saya mulai menyisihkan budget untuk membeli oleh-oleh. Jangan sampai ketinggalan, karena sudah menjadi tradisi. Setiap pulang liburan, seolah-olah sudah menjadi keharusan memberi oleh-oleh untuk sanak saudara dan kerabat. Padahal, harusnya yang bepergian ini dikasih sangu. Alih-alih dikasih sangu, yang ada minta titipan, huhuhu. Mereka nggak tau aja yah, untuk bisa liburan aja kita harus kerja keras cari tiket pesawat murah! Hihihihi

Pokoknya, pesan tiket di JD.id, bikin liburan impian jadi kenyataan. Tiket pesawat murah, bikin kita bisa liburan murah lebih sering! Welcome Singapore!

Mandatory Visit

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Indonesia Corners dan JD.ID. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi.


No comments:

Powered by Blogger.