Legendaris : Cakue Peneleh - Surabaya


Just in case kalau liburan ke Surabaya, jangan lupa mampir ke Pasar Atom. Tempat berkumpulnya makanan lokal legendaris (for me) . Ada rujak cingur, bubur madura, kupat tahu dan gorengan. Banyak banget varian gorengan yang ada disini; roti goreng, onde-onde, tahu isi, cakue dan lain-lain. Rekomendasi jajanan yang bisa dijadikan oleh-oleh adalah Cakue Peneleh, jajanan legendaris sejak 1988. Wih, lama ya? Lebih tua umur cakue dari pada umur saya nih.

Cakue Peneleh

Berbeda dengan cakue lainnya yang sering terlihat polos, cakue peneleh berinovasi dengan menambahkan potongan udang cincang didalamnya. Rasanya gurih, asin dan krispi. Renyah pada gigitan pertama dan lembut di dalam *kok kaya iklan*.

Di gerainya, cakue dijual dengan pilihan; sudah digoreng (ready to eat) atau froozen. Sehingga, kalau mau dijadikan oleh-oleh, kita bisa membeli yang beku dan awet untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, ada pula jenis gorengan lainnya; roti goreng, onde-onde, komyang, ote-ote dan lainnya.


Waktu yang tepat untuk membeli

Karena legenda, banyak banget yang antri. Saran saya, lebih baik beli ketika masih pagi. Misal; jam 10.00, ketika pasar baru aja buka. Kalau kesiangan, kita harus rela desak-desakan dengan yang lain. Harga yang ditawarkan juga cukup murah, kalau nggak salah sih Rp. 4.000/buah. Sementara kalau kita beli yang beku, kurang lebih Rp. 60.000,- isi 10 buah.

Lokasi

Lokasinya di selasar Pasar Atom Lama, Tahap III, Lantai I. Paling gampang menemukannya, kalau kita masuk dari pintu belakang Pasar Atom (yang persis bersebrangan dengan POP Hotel). Lurus, masuk dari gerbang, belok kanan.


Supaya gampang menemukannya, sila klik Google Maps dibawah ini. Selamat berburu!

No comments:

Powered by Blogger.