Tips Liburan Murah ke Maldives

Saturday, March 31, 2018
Liburan Murah Hemat ke Maldives
Male


Tiker Promo

Tiket regular Jakarta-Male sekali jalan biasanya Rp. 3.500.000 - Rp. 6.000.000 sementara kalau LCC berkisar Rp. 2.000.000 - Rp. 4.500.000. Nah kalo lagi promo nih, harga tiket Jakarta-Male bisa sekitar Rp. 1.000.000 - Rp. 2.000.000 DOANG! Lumayan kan selisihnya?

Maskapai yang biasanya ngasih kebaikan hati ini; Scoot Airlines dan Air Asia. Nah untuk Air Asia, biasanya ngasih tiket promo yang murahnya kebangetan itu di bulan Juni/Juli setiap tahunnya. Periode terbang sekitar satu tahun setelahnya atau tahun depan dari tanggal pembelian. Kalau Scoot Airlines, kadang promonya tak terduga. Saya dapet flash sale 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Pokoknya, sisihkan aja dulu uangnya direkening atau sisakan limit di kartu kredit. Jadi kalau sewaktu-waktu ada promo, langsung deh dibeli tiketnya!

Urusan hotel dan makan bisa dipikirkan belakangan, yang penting tiket pesawat udah ditangan. Hotel dan makan bisa dicari yang paling murah, sementara tiket pesawat agak susah cyiiiin.

Pilih Low Season

Saran saya sebelum berangkat kemanapun, selalu pilih saat dimana turis lain enggan pergi ketempat ini. Meski Maldives selalu rame dikunjungi wisatawan, ada kalanya Maldives sepi akan pengunjung. Misalnya di bulan September-Desember, kecuali disaat Natal dan Tahun Baru ya. Di bulan itu curah hujan di Maldives sedang tinggi, jadi turis jarang banget mau kesana. Kan bule maunya berjemur cin, kalo ujan nggak garing dong #apasih. Kalau Natal dan Tahun Baru perkara lain, dimana-mana emang mahal  cin.

Low Season Maldives itu berada dibulan September-Desember, sementara high season dimulai dari bulan Maret-Juli. Yang dikhawatirkan kalau high season adalah harga tiket yang melambung dan harga hotel yang bisa 2-3 kali lipat. Contohnya; harga hotel UI Inn di Hulhumale waktu high season mencapai Rp. 800.000, sementara waktu low season, saya cuma bayar nggak nyampe Rp. 500.000, itu pun udah sama ongkos antar jemput bandara. See? Lumayan'kan selisihnya, bisa dipake untuk biaya makan.

Baca juga : Resort Mewah Murah dibawah 10 Juta - Cinnamon Dhonveli Maldives

Nginep di Hotel

Selama ini orang selalu kejer duluan kalau denger Maldives. Taunya butuh dana gede untuk pergi kesana, padahal yang gede itu kalau kita nginep di RESORT! Ajegileeeee... nginep di resort nggak akan cukup kalau cuma bawa duit sepuluh yuta. Kalau mau murah dan hemat, sudahlah lupakan tentang resort, lupakan tentang tidur di over water villa, kita nginep di hotel yang deket dengan bibir pantai aja udah cukup.

Baca juga : Royal Pearl Inn, Rekomendasi Hotel Murah di Maldives

Harga hotel di Maldives itu mulai dari Rp. 500.000, kalau sampai kalian bisa dapet harga dibawah itu, langsung booking aja. Soalnya itu muurah bangeeeet! Selalu pastikan juga saat booking, apakah harga tersebut sudah termasuk pajak, GST dan biaya-biaya tersembunyi lainnya atau belum.

Maldives terdiri dari banyak pulau, tapi nggak semua pulau ada hotel dan menerima turis. Salah satu pulau yang banyak dikenal oleh turis adalah Maafushi. Hampir semua turis backpacker memilih Maafushi sebagai pulau yang ditinggali. Disana memang lengkap sih, ada tour agent untu ekskursi, tempat jual souvenir, mini market, tempat makan dan hotel murah. Memang bener sih disana emang enak, karna penduduk sudah terbiasa dengan aktivitas turis dan makanan yang dijual pun banyak yang sesuai dengan lidah turis. Tapi, biaya makan disana MUAHAL BENER. Saya berdua, sekali makan, selalu abis diatas Rp. 260.000. Bayangin, 2 kali makan dalam sehari, kita udah abis berapa. Untuk biaya hidup yang murah sih jauh lebih enak di Male atau Hulhumale, harganya lebih manusiawi dan hotelpun banyak yang murah. Cuman, harus siap dengan konsekuensi, pantainya nggak bagus. Nah jadi silakan dipertimbangkan kembali, mana yang bisa dikalahkan. Biaya hidup yang rendah atau lebih memilih pemandangan pantai yang lebih indah.

Transportasi Umum

Transportasi di Maldives itu ya kalo nggak ferry ya speedboat. Ikutan transportasi umum, ya naik ferry kemana-mana. Naik ferry itu murah kok, cuman USD1 aja antar pulau. Kalau dari Male-Maafushi USD2. Sementara kalau naik speedboat untuk ke Maafushi, contohnya, biayanya 10 kali lipat. USD20 per orang! Gile nggak! Bedanya apa? Bedanya cuman di efisiensi waktu. Kalau kita mau ke Maafushi atau pulau lainnya naik speedboat, kita bisa pergi kapan aja tanpa nunggu waktu pelayaran. Sementara kalau naik ferry, ya kita harus ngikutin jadwal keberangkatan, itu aja.

Baca juga : Maldives Nggak Ada Becak, Transport Ke Maafushi Naik Apa?


Pilih Tempat Makan yang Isinya Penduduk Lokal

Jelas banget bisa bikin lebih murah sih ini. Soalnya kalau pilih tempat makan yang banyak turisnya, sekali makan bisa sampe LIMA RATUS RIBU BOOOOOKKK! Saya dua kali makan ditempat terbuka yang menunya internasional, pas gesek baru ngeh ternyata abisnya hampir setengah juta. NANGIS! Makanya saya sarankan pilih tempat makan lokal aja, makanan disana rasanya nggak begitu aneh kok. Anggap aja makan nasi Padang di Maldives, hehehe.

Susun Perjalanan Sendiri

Dibanding harus ikutan tour atau open trip, jauh lebih murah kalau kita arrange liburan kita sendiri. Kenapa? Ya gimana pun juga tour agent pasti ngambil untung dari segala selisih harga. Jadi, manfaatkan smartphone canggih dan kekuatan google untuk membantu kita nyusun jadwal liburan. Cukup sediakan sedikit waktu setiap harinya untuk googling sana sini informasi tentang Maldives. Berkorban dikitlah.

Baca juga : Panduan Liburan di Maldives

Semua saran saya ini berdasarkan pengalaman pribadi; kesialan, keberuntungan dan pengetahuan yang didapat dari baca-baca tulisan orang. Biarlah kesialan hanya milik saya semata dan kalian bisa dapet keberuntungan setelah baca post ini. Jadi, ada yang ditanyakan lagi pemirsa?

Feel free to ask me anything. Follow saya di IG, twitter dan jangan lupa likes Facebook saya ya #akhirnyajualan hahaha

2 comments:

  1. Iyaa nih selama ini slalu kiranya maldives pasti mahal bgt. Ternyata tergantung gimana nya kita aja ya. Makasih infonya mba. Menarik bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mb, terimakasih sudah berkunjung :)

      Delete

Powered by Blogger.