Menu Mudah dan Praktis Kurang Dari 5 Menit : Honey Chicken Garlic

Sunday, May 13, 2018
Masak dengan mudah dan nggak banyak cucian piring adalah dambaan semua orang, bukan begitu? 
Dari seluruh langkah dalam memasak, jujur aja, saya paling males ketika sesi bersih-bersih dan cuci piring. Aktivitas yang durasinya lebih lama daripada masak. Saya juga paling males kalau harus masak yang banyak langkahnya, kerjaan kaya nggak abis-abis aja. Apakah ada yang merasakan hal yang sama dengan saya?

Saya berharap sih ada, jadi saya nggak berasa yang paling males sendiri. Syukur-syukur kalau punya helper dirumah, tapi kalau nggak ada mungkin lebih suka masak yang praktis-praktis aja. Untuk working mom, kayaknya lebih suka masak yang mudah dan banyak jadi nggak perlu kelamaan berkutat didapur.

Honey Chicken Garlic, resep mudah dan praktis rekomendasi untuk working mom atau ibu rumah tangga yang nggak pengen repot. Selain itu, bisa juga untuk inspirasi menu buka puasa atau menu sahur praktis dan mudah. Kalau lagi puasa pasti males banget yah untuk masak, selain mengeluarkan tenaga, godaannya itu loh gede banget.

Resep Mudah

Resep ini mudah banget, hanya butuh 6 bahan, 1 loyang dan 1 mangkok. Nggak banyak cucian 'kan? Resep mudah dan praktis, dijamin persiapan kurang dari 5 menit. Sambil masak, bisa sambil ditinggal scroll-ing Instagram.


Bahan yang dibutuhkan sangat mudah, hanya ;
  1. Ayam, bisa menggunakan ayam bagian mana saja. Saya pribadi lebih suka bagian sayap dan paha. Potong ayam dengan ukuran sedang agar matang merata.
  2. Bawang putih, haluskan. Agar bumbu bisa menyerap dan rata, saya sarankan untuk diulek atau diblender. Untuk setengah kilo ayam, saya gunakan 15 siung bawang putih. Bagi yang suka bawang putih, biasanya lebih banyak, lebih enak. Kalau mau lebih mudah, bisa gunakan bubuk bawang putih yang biasa dijual di Supermarket.
  3.  Gula, garam dan lada putih, tambahkan sesuai dengan selera, sambil dicicipin.
  4. Madu, cukup 2-3 sendok saja.
  5. Minyak goreng, cukup 3-4 sendok saja. Gunanya adalah agar tekstur ayam lebih renyah dan nggak lembek.
  6. Saus tiram dan kecap, kadang saya tambahkan keduanya supaya bumbunya agak oriental. Saya gunakan untuk merendam ayam.

Cara Memasak Praktis, Nggak Perlu Banyak Cucian



Kita hanya perlu satu mangkok untuk marinate dan 1 loyang untuk memanggang, cukup mudah kan? Nggak perlu repot, cara memasakknya cukup mudah;
  1. Marinate ayam selama 1 jam atau bisa dimulai dari malem, jadi pagi harinya kita tinggal masukin aja ke dalam oven.
  2. Siapkan aluminium foil, susun ayam berjejer diatas aluminium foil
  3. Panaskan oven 160 celcius, gunakan api atas dan bawah. Setelah oven mulai panas, masukkan ayam dan panggang hingga matang dan kulitnya kering.

Tips Memanggang Ayam Dalam Oven


  1. Jangan bolak-balik ayam saat kulit masih basah, karena kulit rawan terkelupas.
  2. Jangan oles ayam dengan berlebihan ketika didalam oven, cukup lakukan sekali-kali untuk mencegah kulit ayam lembek. Kalau kulitnya agak krispi kan enak?
  3. Potong ayam ukuran kecil agar matang merata.
  4. Jangan bagi-bagi, karena enaaaakkk #LAH.


Cocok dimakan selagi hangat, kulit ayam renyah dan bumbu bawang putih yang melekat ini bikin ketagihan! Resep ini bisa dicoba juga untuk menu sahur, karena praktis dan nggak perlu banyak aktivitas. Kita bisa mulai merendam ayam sebelum tidur dan panggang ketika waktu sahur hampir tiba. Kalaupun takut mepet, cukup masukkan ayam ke dalam oven,  set timer, trus tinggal tidur deh.

Selamat mencoba!






No comments:

Powered by Blogger.