Resep Salad Buah Yoghurt Enak Ala Resto Yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah


Salad buah enak

Ada berapa orang di sini yang kalo denger kata salad buah langsung nolak?

Dulu kalau dengar kata 'salad', rasanya saya alergi duluan. Kebayang kalau rasanya nggak enak, isinya buah dan sayur. Apa enaknya makan sayur mentah? Yang kerasa di lidah cuman bau dan rasanya pahit. Ditambah lagi rasa mayonaise yang plain, sama sekali nggak buat saya jatuh cinta. Saya nggak suka salad soalnya pernah makan dressingnya nggak pas, rasanya asem dan ada juga yang light. Sama sekali nggak enak, malah berasa kaya herbivora.

Itu sih dulu, sekarang, saya tergila-gila dengan salad. Apalagi salad buah dengan dressing yoghurt. Nggak akan pernah nolak dan pasti minta tambah!

Nah resep salad buah ini adalah resep yang buat saya ketagihan makan salad, dari yang awalnya nggak suka sampai nagih berkali-kali. Pun saya juga kurang suka makan yoghurt, tetapi ketika saya coba campur dengan ini, nggak terasa asam sama sekali. Resep salad buah ini enak dan bikin ketagihan.

Resep salad buah sehat

Salad buah yang sehat adalah salad yang menggunakan buah-buahan segar. Biasanya buah yang digunakan adalah buah berry dan yang manis, misal; strawberry, kiwi, jeruk, melon, apel, pear dan semangka. Mau ditambah buah lainnya? Kenapa enggak? Dicoba aja, siapa tau enak! Toh nggak ada aturan baku buah apa aja yang boleh dan nggak.

Salad buah enak
Bahan yang saya gunakan untuk cukup sederhana ;
  1. Pilih buah yang disukai, yang memiliki rasa segar. Saya menggunakan melon, apel, pear, anggur dan semangka.
  2. Susu kental manis
  3. Yoghurt dengan rasa sesuai selera, saya menggunakan Elle & Vire Mixed Berries
  4. Mayonaise
  5. Keju
Perbandingan antara susu kental manis, yoghurt dan mayonaise adalah 1:1:1/2. Cukup mudah kan?


Cara membuat salad buah agar bertahan lama

Berikut beberapa cara agar salad tetap enak di makan meski telah lama di buat :
  1. Jangan pilih buah yang mengandung terlalu banyak air jika salad tidak dimakan segera setelah dibuat, karena akan mengakibatkan salad berair dan nggak enak dimakan. 
  2. Pisahkan antara buah dan dressing agar salad tetap enak ketika dimakan. Terkadang buah bisa cepat membusuk jika mengalami oksidasi dan bercampur dengan dressing, terlebih mengandung susu.
  3. Pilih buah yang segar, hindari menggunakan buah yang layu atau setengah layu karena akan mempengaruhi rasa.
Saus dari resep ini terasa creamy karena perpaduan dari mayonaise, susu kental manis dan yoghurt. Pun terasa manis dan segar jika pilihan buahnya tepat. Saya menggunakan buah melon, anggur, leci, pear, apel dan nutrijel sirsak. Cara membuat dressing ini sederhana banget;
  1. Parut keju secukupnya, sisihkan.
  2. Campurkan yoghurt, mayonaise dan susu kental manis. Aduk hingga rata
  3. Saran saya, pisahkan antara dressing/saus dengan buah, agar buah tetap segar. Campurkan saus, keju dan buah ketika hendak di dimakan.


Salad buah yoghurt

Salad buah enak
Salad buah yang langsung dicampur dan terlalu lama di kulkas bisa mencair

Yoghurt yang digunakan adalah greek yoghurt (yoghurt kental), bukan minuman yoghurt ya. Kalau minuman yoghurt, namanya bukan salad tapi sop buah, hehehe. Saya menggunakan yoghurt dengan rasa atau mixed berry yoghurt, karena keterbatasan bahan. Di Kalimantan, buah berry jarang banget ada yang segar, jadi saya pilih penggunaan yoghurt dengan buah berry.

Ini selera sih, suka yoghurt yang berasa atau nggak. Kalau suka yang original, silakan pilih yoghurt yang plain. Penggunaan yoghurt dengan rasa memang lebih segar karena memberikan taste manis.





No comments:

Powered by Blogger.