Resep Kalimantan Yang Wajib Kamu Coba : Ikan Bakar Khas Dayak

Wednesday, May 16, 2018


Kalau sedang berkunjung ke Pulau Kalimantan, satu hal yang harus banget dicoba adalah makan ikan bakar! Rasa dan cara memasak ikan bakar disini sangat berbeda dengan cara masak di Pulau Jawa. Beberapa kali makan ikan di Jawa, ikannya terlalu kering dan kebanyakan di goreng dulu kemudian setelah ada yang pesan baru di bakar. Jadi rasanya pun berbeda dengan ikan segar yang langsung dibakar yang mana memiliki tekstur lembut dan rasanya manis.

Ikan haruan adalah ikan yang 'katanya' lebih banyak hidup di Pulau Kalimantan, then ini adalah ikan yang wajib kamu coba! Rasanya manis dan gurih, apalagi kalau di bakar dengan bumbu khas Dayak. Mantap banar!

Kalaupun belum kesampaian berkunjung ke Kalimantan, kalian boleh coba sendiri dirumah resep ikan bakar khas Dayak ini. Bisa dicoba menggunakan ikan jenis lain yang ada di daerahmu, nggak harus menggunakan ikan haruan kok.


Bahan Yang Di Perlukan 

Bahannya nggak susah kok, sangat mudah ditemukan di pasar. Bumbu dapur lengkap seperti biasa. Mirip pepes, tapi bumbu ini lebih kering;


Lazimnya, ikan yang digunakan adalah ikan haruan, tapi kadang di ganti menggunakan ikan patin. Bedanya, ikan patin memiliki lebih banyak lemak. Sesuai selera aja mau ikan yang mana, rasanya sama enak kok. Jangan lupa untuk menyediakan daun pisang, fungsinya untuk membantu ketika membakar ikan supaya nggak lengket dan gosong.


Cara Memasak

  1. Haluskan semua bumbu.
  2. Belah bagian atas ikan (punggung ikan agar bumbu bisa diselipkan).
  3. Lumuri seluruh bagian ikan dengan bumbu, kemudian masukkan sisa bumbu ke dalam badan ikan.
  4. Siapkan arang dan alat pemanggang. Letakkan selembar daun pisang sebagai alas.
  5. Setelah alat sudah siap, panggang sisi ikan yang dilapisi daun pisang. Bolak-balik agar matang merata. Jika sudah mulai matang, lepas daun pisang dari alat pemanggang dan mulai panggang ikan kembali hingga kering dan agak sedikit gosong. Pastikan ikan dan bumbu sudah kering dan matang. 
  6. Angkat setelah masak dan hidangkan bersamaan sambal terasi.

Tips
Supaya nggak lengket, gunakan daun pisang untuk melapisi badan ikan saat masih basah. Bolak balik agar ikan matang sempurna. 

Oya, bumbu rempah yang dipanggang jangan dibuang ya, makan ikannya barengan sama bumbu itu. Selamat mencoba!


2 comments:

  1. Aaakkkk daku tergoda kakaak *hahay.
    patut dicoba nih. Mkasih resepnya yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk dicoba kaaak :))) makasih juga sudah mampir yaa

      Delete

Powered by Blogger.