Fiesta Crispy Crunch : Resep Mac N Cheese Paling Enak

Friday, May 18, 2018

Diluar sana udah banyak resep Mac And Cheese yang sharing, ada banyak pilihan resep. Mulai dari yang ringan sampai berat. Ada yang menambahkan berbagai macam keju atau hanya satu macam, seperti resep milik saya. Di beberapa resep yang saya baca, mereka menambahkan mulai dari keju krim, keju cair, parmesan, hingga keju edam. Ada yang bisa bayangin betapa beratnya rasa keju itu di lidah?

Nope, mungkin untuk orang Barat itu adalah makanan biasa, sementara untuk lidah pribumi saya, resep itu terlalu kuat. Entah kenapa kalau makan keju terlalu banyak, kepala ini terasa cenut-cenut dan leher terasa berat. Apakah ini kolesterol?

Salah satu contoh resep yang saya baca melalui Pinterest, bisa dilihat pada foto di bawah. Ia menambahkan beberapa macam keju agar rasanya lebih menonjol. Salah satu yang mungkin bisa ditambahkan adalah keju edam. Saya beberapa kali menggunakan keju edam untuk bahan kue kering, terasa sangat tajam dan asin. Ide yang bagus untuk ditambahkan ke dalam saus Mac N Cheese agar terasa lebih 'keju'.

Ally's Sweet and Savory
Liat campuran kejunya aja udah bisa bayangin kan betapa gimana rasanya? Just in case kalian adalah penggemar berat keju, kalian bisa menggunakan resep yang saya lihat dari Pinterest diatas. Sepertinya enak? Hmm.

Bahan yang dibutuhkan

Bahan pembuatan Mac N Cheese ini mudah banget ditemui, di semua swalayan atau supermarket juga ada. Biaya untuk beli bahan juga nggak nyampe Rp. 100.000,- masih terjangkau di kantong;
  1. 3 butir bawang putih yang dihaluskan
  2. Lada Putih
  3. Garam
  4. Keju Parmesan (Chedar atau cheesy), parut setengah batang keju ukuran sedang
  5. 250ml Susu Full Cream atau sesuaikan
  6. 3 buah sosis sapi
  7. 3 sendok mayonaise
  8. It would be great kalau kalian menambahkan keju mozarella
  9. Fiesta Crispy Crunch Kulit Ayam
Fiesta Crispy Crunch
JD.ID
Sebagai anak Indonesia tulen, makan kalo nggak ada bunyi kriuknya tuh kaya ada yang kurang. Maunya makan ala barat tapi tetap bisa dinikmati oleh pribumi kaya saya, jadi saya tambahkan kulit ayam krispi dari Fiesta. Teksturnya renyah dan kering, daripada repot nguleni kulit ayam sendiri lebih baik beli yang instant aja. Nggak usah takut geli sih, karena ini benar-benar kering. Bunyinya aja kriuk... Kriuk... Kriuk...







Cara memasak Mac N Cheese


Membuat Mac N Cheese sangat mudah, nggak perlu banyak rempah untuk di kupas dan dihaluskan, cukup rebus dan cemplungkan;
  1. Rebus pasta, sebelumnya tambahkan minyak pada air yang sudah mendidih agar pasta nggak lengket
  2. Sembari menunggu pasta, haluskan bawang putih dan garam. Akan lebih mudah kalau kalian menggunakan bubuk bawang putih. Tapi rasanya nggak akan 'nendang' karena hanya menggunakan bubuk
  3. Setelah itu, potong sosis sesuai ukuran yang diinginkan, goreng sosis dengan sedikit minyak. Setelah berwarna kecoklatan, sisihkan.
  4. Di sisi lain, goreng kulit ayam Fiesta hingga kering. Setelah itu angkat dan sisihkan.
  5. Tumis bawang putih dan lada menggunakan mentega.
  6. Setelah harum, tambahkan susu cair, aduk hingga rata.
  7. Tambahkan keju yang telah diparut.
  8. Setelah mendidih, matikan api dan tambahkan mayonaise, aduk hingga rata.
  9. Siram saus keju ke pasta dan aduk rata.
  10. Tambahkan kulit ayam krispi diatasnya, masukkan ke dalam oven. Kalau menggunakan mozarella, tambahkan diatas kulit ayam.
  11. Panaskan oven dengan suhu 280c, setelah panas, masukkan Mac N Cheese ke dalam oven.
  12. Panggang sekitar 10 menit hingga mozarella meleleh atau kalau nggak pake moxarella, cukup hingga adonan set aja. Kemudian angkat dan sajikan selagi hangat.
Saya menggunakan setengah bungkus Macaroni dari La Fonte, 3 bungkus sosis dan setengah batang keju kotak, menu ini bisa dihidangkan untuk dua orang. Kalo satu orang aja yang makan kayaknya bisa kenyang sampe lusa. Kenyang bok!

Entah berapa kalori satu mangkok Mac N Cheese ini, yang jelas, untuk menghabiskan satu mangkok aja saya udah kewalahan. Mungkin karena biasa makan oseng kikil, sambel terasi, terus sekalinya makan keju dan susu jadi kagok (norak ya hahaha).

Rasa Mac N Cheese ini creamy dan renyah, ternyata kulit ayam cocok untuk di makan bareng pasta. Untuk mengurangi rasa eneg, kalian bisa tambahkan kulit ayam lebih banyak. Penasaran? Yuk silakan dicoba. Jangan lupa share pengalaman kalian recook menu ini ya.

Selamat makan!



No comments:

Powered by Blogger.