Bumbu Masakan Yang Wajib Ada di Dapur : Sambal Balado Indofood - Sambal Rumahan

Sunday, June 17, 2018


Makan tanpa lombok itu rasanya kurang enak. Kayanya makanan terasa kurang lengkap. Nggak cuma itu, saya nggak selera kalau makanannya nggak pedes. Semuanya terasa hambar, gitu nggak sih? Ada yang mengalami hal serupa?

Kadang saya bikin sambal colek atau masakannya saya buat pedas. Saya tuh suka banget makan sambal balado. Umumnya sih sambal balado di tumis dengan telur rebus, tapi masalahnya, bikin sambal balado tuh ribet banget. Banyak alat yang harus di siapkan, banyak cucian dan banyak yang harus di kerjakan. Yang pasti sih harus ngulek bumbu. Padahal bumbu sambal balado kan mostly adalah lombok. Tau'kan rasanya tangan kena lombok? Belum lagi kalau apes ada biji lombok yang muncrat ke muka. Pedesnya minta ampun. Hhhuuuuaaaa....



Sambal balado instant


Kenapa saya suka sambal balado? Kalau bikin sambal balado tuh kaya; 'sekali dayung, dua pulau terlampaui'. Saya dapet lauk sekalian sambal yang pedes, hehehe. Sekarang saya nggak perlu lagi ribet masak sambal karena udah ada sambal balado instant. Nggak perlu lagi repot-repot ngulek karena tinggal 'sreeeeeng........' aja.

Varian sambal Indofood ini membawa tema sambal rumahan. Dibuat dari lombok dan tomat segar. Bahkan tekstur yang di hasilkan sama persis dengan ulekan kita di dapur. Sambal ini dikemas dengan kemasan berupa pouch dan isi 200gr. Lumayan banyak kan? Bisa untuk dua kali masak.



Ikan Asin Pete Sambal Balado - Indofood


Saya selalu suka makanan yang berbau tradisional. Misalnya makanan yang terasa pedas, 'tasty', asin, dan ada rasa yang menyengat. Pete, salah satunya. Jadi saya masak sambal balado instant ini dengan pete dan ikan asin. Rasa ikan asin dan pete tuh tradisional banget nggak sih? 

Resep ini pasti sudah banyak di tulis oleh blogger lain, just in case kalian lupa jadi saya share ulang yah ;

Ikan asin tenggiri, potong kecil-kecil
1 lonjor pete, belah 2
1 tangkai daun bawang, potong sedang
sejumput terasi
1 sdm kecap manis
Air putih secukupnya
Minyak goreng


Cara
1. Panaskan minyak goreng
2. Goreng ikan asing hingga kering, angkat dan sisihkan
3. Gunakan 3 sdm minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng ikan asin sebelumnya untuk menumis sambal balado, panaskan minyak
4. Tambahkan sambal balado Indofood, tambahkan terasi dan kecap. Tumis hingga harum kemudian tambahkan air secukupnya agar sambal matang sempurna
5. Setelah sambal matang, tambahkan ikan asin, aduk rata.
6. Setelah itu tambahkan pete dan daun bawang. Aduk rata
7. Ikan asin pete sambal balado siap disajikan


Ikan asin ini enak di sajikan dalam kondisi hangat, apalagi di santap dengan nasi hangat-hangat kuku pasti laziiisss. Rasa sambalnya sendiri pas, nggak kaya bumbu instant yang biasanya hambar dan nggak terasa rempahnya. Pokoknya persislah dengan bumbu ulek di dapur sendiri.



Is it Worth to Buy or Not?

Dengan rasa dan tekstur yang sama persis kaya ngulek sendiri di dapur, lebih praktis dan harga yang murah, sambal Indofood ini worth to buy banget. Seenggaknya menghemat waktu di dapur. Apalagi rasa dan pedasnya pas dengan sambal rumahan. Ini adalah item / bumbu wajib yang harus di simpan di dapur. Harganya juga nggak mahal, cuma Rp. 15.500,- aja per sachet, bisa digunakan untuk dua kali masak. Hemat dan praktis, bumbu masakan yang wajib banget ada di dapur nih!




Selamat nyicip!





No comments:

Powered by Blogger.